Senin, 31 Oktober 2016

Book Of The Month: Oktober 2016




               Helo pembaca setia!

Apa kabar nih? Kita bertemu lagi di Book Of The Month. Seperti biasa, sebelum ulas rekapan buku-buku yang aku baca selama bulan Oktober, ijinkan adek SMA ini untuk berbasa-basi terlebih dulu, hwehehehe.

Oktober menjadi bulan yang sangat membahagiakan bagiku. Tentunya karena ini adalah bulan kelahiranku, huyyeeeeee. Hiks, nggak ada yang ngado. Tapi tidak apa-apa. Menurutku apa yang aku dapat selama bulan Oktober ini sudah lebih dari kado. Selain karena bulan kelahiran, Oktober kali ini terasa sangat istimewa juga karena mulai mengalirnya beberapa kepercayaan dari pihak penerbit, kakak-kakak penulis, dan rekan-rekan bloger untuk Ach’s Book Forum. Kemarin, meski sempat dibuat kecewa karena nggak kepilih jadi Host Blog Tour Tentang Kamu, Alhamdulillah Tuhan memberikan rejeki lain. Banyak schedule yang aku dapat untuk bulan November 2016-Januari 2017 selama Oktober kemarin. Mulai dari Blog Tour The Bond dari Penerbit Twigora, promosi baca bareng dan live tweet untuk salah satu seri buku romance-religi (pasti semua udah tahu dong, ini seri happening banget), Blog Tour untuk salah satu novel lokal bergenre romance-komedi (judulnya masih rahasia ya) dan Inshallah juga akan ada Blog Tour kedua bersama Mba Ninna (penulis FRANKFURT) untuk buku berikutnya yaitu Ink Magic. Senang sekali ketika mendapat tawaran-tawaran ini. Harapannya, semoga bisa berjalan lancar, tidak ada kendala. Kalau pun ada kendala/perubahan, semoga tidak begitu mengangganggu. Juga semoga bisa memberikan yang terbaik *ahhhsseeekkkk*

Nah sudah ya basa-basinya, hehe. Sekarang, yuk mari tengok rekapanku tentang buku apa saja yang aku baca, review, dan dapatkan selama bulan Oktober 2016. Cekiidooottt >>

Sabtu, 29 Oktober 2016

Apa Itu Resensi, dan Bagaimana Cara Menuliskannya? | Special Guest: Nisa Rahmah




Halo, kawan! Pernah dengar istilah resensi? Atau, mungkin sudah tahu istilahnya, tapi bingung dan tidak tahu cara untuk menuliskannya?

Tenang, kali ini Ach’s Book Forum tidak akan membiarkan kalian penasaran begitu saja. Karena di SMARTikel kali ini, kita akan membahas segala hal yang berkaitan dengan resensi. Tapi tunggu dulu, kalian maunya aku yang nulis sendiri atau dihadirin tamu? Hihihi. Ok, karena aku lagi males pikir *duh, kacau nih* maka aku akan menghadirkan satu tamu spesial yang akan membahas semua hal seputar resensi kepada kalian.

Sebagai tuan rumah yang baik, mari aku perkenalkan tamu cantik satu ini kepada kalian….

Please welcome..!!
Nisa Rahmah @ Resensi Buku Nisa ..!!!


SUMBER: DI SINI 

Jumat, 28 Oktober 2016

[LAGI] 5 Bloger Buku yang Wajib Kamu Ketahui!



Halo, sudah baca postingan Top 5 Indonesian Book Blogger?

Jika sudah, maka saatnya kalian menyimak postingan yang berikut ini. Berhubung kemarin (tanggal 27 Oktober) diperingati sebagai Hari Bloger Nasional, maka dalam rangka menyambut hari bahagia bagi kami tersebut, aku akan kembali membuat satu ulasan singkat mengenai 5 Blogger Buku Favorit versi Ach’s Book Forum.

Sebenarnya definisi bloger sangatlahluas. Karena bloger sendiri terdiri dari berbagai macam jenis. Yang jelas, yang membedakan satu macam bloger dengan bloger lain adalah jenis konten seperti apa yang mereka tulis. Ada istilah food blogger, kumpulan bloger yang menulis segala hal terkait makanan. Fashion blogger untuk bloger yang selalu mempublikasikan tulisan mengenai pakaian. Dan ada juga istilah Photo Bloger, biasanya bloger jenis ini juga merangkap sebagai seorang fotografer yang juga memiliki hobi di bidang fotografi.  

Tapi, tahukah kamu bahwa ada istilah book blogger? Ya, book blogger atau bloger buku adalah mereka yang berperan sebagai dalang di balik berdirinya sebuah blog buku. Kami—bloger buku—akan lebih banyak memposting segala hal yang berkaitan dengan buku. Bisa dari resensi, artikel seputar dunia perbukuan, dan kutipan-kutipan menarik dalam sebuah buku. Keberadaan bloger buku ini pun semakin diperhitungkan saat tahun 2011 lalu, berdiri sebuah komunitas yang menamakan diri mereka sebagai Blogger Buku Indonesia (BBI).  

Jika di bulan April lalu aku sudah memposting 5 Blogger Buku Indonesia Favorit, maka tidak jauh berbeda dengan kali ini. Hanya saja, beberapa bloger buku yang aku sebut ini nanti tidak semuanya anggota dari komunitas BBI. Karena #HariBlogerNasional sifatnya lebih umum, maka patokanku di postingan kali ini tidak hanya dari BBI aja, tapi lebih luas.   

Lantas, siapakah kelima bloger buku itu? Mari kita kenalan bersama-sama…

Selasa, 25 Oktober 2016

Seperti Apa Fenomena Membaca di Kalangan Cowok? | Special Guest: Adin




Apakah kalian memiliki teman cowok yang suka membaca buku?

Hmmmm jadi begini, aku sekarang rada sedih waktu lihat ke lingkungan masyarakat, terutama teman di sekitaran rumah, yang sangat asing dan seolah tidak mengenal kegiatan membaca. Especially cowok. Mayoritas dari mereka justru lebih suka menghabiskan waktu dengan keluyuran, nge-game, dan mungkin juga ngerokok (happening banget loh ini). Padahal menurutku, cowok yang baca buku akan kelihatan keren loh, intelek banget (duh, jadi ketahuan kalau muji diri sendiri, wkwkwk). Tapi sayangnya, bagi kebanyakan kaum dari kami, berspekulasi bahwa kegiatan membaca adalah kegiatan yang super membosankan dan tidak mengasyikkan. Yeah, cowok yang mayoritas memiliki tipikal ‘banyak tingkah’ sudah bisa dipastikan akan merasa tidak nyaman jika harus duduk diam sambil membaca barisan kalimat yang mungkin membuat mereka pusing.  

Dan di SMARTikel kali ini, kita akan membahas mengenai fenomena kegiatan membaca di kalangan cowok. Tapi bukan aku yang akan bercerita untuk kalian, melainkan aku sudah menghadirkan satu book blogger cowok yang akan bercerita panjang lebar tentang topik bahasan kita kali ini. Sudah siap? Selamat menyimak, ya!

Senin, 24 Oktober 2016

[Book Review] San Francisco - Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie



Judul : San Francisco
Penulis : Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie
Tahun terbit : 2016
Tebal : 214 hlm
Penerbit : Grasindo
Kategori : Novel
ISBN : 978 – 602 – 375 – 592 – 9 


Blurb:

Satu-satunya yang menarik dari cowok bernama Ansel adalah badannya yang ketinggian, kegemarannya akan musik klasik, dan senar-senar harpa di ujung jarinya. Ansel bekerja di Suicide Prevention Center, bertugas mengangkat telepon, hingga akhirnya ia menemukan hal menarik yang baru: Rani—gadis dari negeri asing yang mengiris nadi setiap dua hari sekali.

Sekarang sebagian besar kehidupan Ansel berputar di sekitar Rani. Dan, Ansel bertanya-tanya apakah pertemuan mereka di Golden Gate Bridge San Fransisco adalah takdir, atau sekadar kesialan? Karena dari sini, mobil kabel yang membawa kisah mereka bisa saja menanjak terus hingga setengah jalan menuju bintang, atau justru terjebak dalam kabut di atas perairan biru dan berangin San Francisco.

***

Selasa, 18 Oktober 2016

[Book Review] Sincerely Yours - Tia Widiana



Judul : Sincerely Yours
Penulis : Tia Widiana
Tahun terbit : 2015
Tebal : 246 hlm
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Kategori : Novel (Amore)
ISBN : 978 – 602 – 03 – 2050 -2


Blurb :

Sebagai penulis novel thriller, orang kerap menyangka isi kepala Inge hanya seputar urusan pembunuhan. Terlebih lagi sikapnya yang pendiam dan lebih banyak mengurung diri di kamar.

Namun di mata Alan, Inge semanis penulis romance. Inge teman yang menyenangkan dalam segala hal. Alan dengan mudah dapat membayangkan Inge menjadi perempuan yang ingin ia nikahi, bukan Ruby… perempuan yang selama ini berstatus kekasih Alan.

Alan mewakili segala yang Inge inginkan dalam hidup. Kecuali satu hal… Inge tidak ingin mengulangi hal yang membuat hatinya terluka bertahun-tahun. Inge tidak mau Alan meninggalkan Ruby demi bersama dirinya.

Sebagai penulis, Inge selalu tahu bagaimana cerita yang ditulisnya akan berakhir. Tapi untuk kali ini, Inge tidak tahu bagaimana akhir kisahnya dengan Alan….

***

Minggu, 16 Oktober 2016

[Book Review] I am Yours - Kezia Evi Wiadji


Judul : I am Yours
Penulis : Kezia Evi Wiadji
Cetakan : Kedua, Oktober 2014
Tebal : 270 hlm
Kategori : Novel
ISBN 10 : 602 – 249 – 580 – 6



Blurb:

Alex: Loe milik gue & selamanya akan menjadi milik gue

David: Aku mencintaimu sejak pertama kali melihatmu

Daniel: Dia cantik. Dia berbeda. Dia sungguh istimewa

Amelia: Seandainya aku bebas menentukan pilihan hidupku

Kisah tentang cinta yang terkhianati.

Kisah tentang hati yang patah.

Kisah tentang harapan yang tak kunjung padam.

Kisah tentang ketidakpastian dan janji yang harus ditepati.

Haruskah Amelia menentukan pilihannya sendiri?

Atau justru takdir yang mengambil alih…

***

Sabtu, 15 Oktober 2016

Pengumuman Pemenang #GAKaliKedua




Haloooo readers!

Sudah nggak sabar kan untuk melihat siapa yang beruntung di Giveaway #KaliKedua di blogku? Yayaya, akan aku umumkan sebentarlagi ya, santai, woles, wkwkwkwk.

Sebelumnya, Bintang @ Ach’s Book Forum ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Kak Nufus, penulis Kali Kedua, atas kepercayaannya. Kalau tidak ada Arach, Erhol dan Vegya, mungkin aku tak akan percaya dengan adanya kesempatan kedua (waseeekkk).  Semangat terus nulisnya! Terima kasih juga untuk  Penerbit Romancious (especially Kak Esa dan Kak Fitriana yang sudah memandu jalannya blogtour ini), untuk Mba Asri, makasih juga udah ngasih tumpangan buat Ach’s Book Forum biar lebih eksis lagi lewat blogtour ini. Juga untuk teman-teman host blogtour #KaliKedua, I say thanks very much. Semangat teruuusss nge-host-nya!

Terima kasih banyak pula untuk semuaaa pembaca dan pemburu kuis yang sudah meramaikan giveaway #KaliKedua. Kalian warbyasaahhh! Terhitung ada 72 peserta yang ikut serta dengan jumlah pageviews sebanyak 912. Hweeebat sekali! Oke, seperti yang sudah aku bilang, pemenang dipilih lewat random. Jadi semua peserta memiliki kesempatan untuk menang yang sama. Nah, daripada berlama-lama, aku langsung umumkan saja, yaaa…

Kamis, 13 Oktober 2016

[BLOGTOUR & GIVEAWAY] Kali Kedua - Ainun Nufus



Judul : Kali Kedua
Penulis : Ainun Nufus
Tahun terbit : 2016
Tebal : 280 hlm
Penerbit : Romancious
Kategori : Novel (Wattpadlit)
ISBN : 978-602-6922-45-8 


Blurb:

Playboy dan menyebalkan.

Itulah pendapat Vegya tentang Erhol. Berbeda dengan Arach yang manis dan penuh perhatian.
Akankah pendapat Vegya berubah setelah melewati hari-hari bersama Erhol?
Erhol si gunung es memiliki pesona kuat untuk meluluhkan hati siapa saja dengan caranya sendiri.

“Not everyone gets a second chance. If you do get one, take advantage of it because it’s a gift, and it may be something better than you had before!”

***

“Kata demi kata terangkai manis di hati. Episode demi episode pun terlewati. Pernah ada cinta. Pernah ada luka. Hingga ada cinta kali kedua. Menyusup perlahan dengan caranya. Melewati air mata, melewati tawa. Lalu berakhir dengan kata kita dan bahagia.”

Selasa, 11 Oktober 2016

SIWA: Memerangi Kejahatan bersama Sang Nilakantha



Judul : Siwa ‘Kesatria Wangsa Surya’
Penulis : Amish Tripathi
Penerjemah : Desak Nyoman Pusparini
Tahun terbit : 2016
Tebal : 426 hlm
Penerbit : JAVANICA
Kategori : Novel Sejarah [Trilogi Siwa #1]
ISBN : 978 – 602 – 6799 – 15 – 9 


Blurb:

Kisah ini terjadi ribuan tahun silam di Lembah Sungai Indus. Orang-orang di kurun itu menyebutnya Meluha. Penduduknya berumur sangat panjang berkat ramuan misterius bernama Somras, yang dicipta dari pohon Sanjiwani dan tirta suci Saraswati. Negeri yang dihuni Wangsa Surya ini menghadapi ancaman hebat ketika sungai utama mereka mengering perlahan-lahan. Mereka pun dirundung serangan para pengacau dari timur: negeri Wangsa Chandra. Keadaan bertambah gawat ketika Wangsa Chandra tampaknya bersekutu dengan kaum Naga, bangsa yang sangat lihai berperang.

Ketika kejahatan merajalela, rakyat Meluha berharap pada sebuah ramalan kuno tentang seorang kesatria yang bakal tiba dan membebaskan mereka dari malapetaka. Dalam keputusasaan, muncul seorang pengungsi liar dari Gunung Kailasha, Tibet. Siwa namanya. Ciri-cirinya persis seperti ramalan. Apakah ia memang kesatria pembebas yang diramalkan? Dan apakah ia berhasrat menjadi juru selamat yang diharapkan? Terseret oleh arus takdirnya, oleh dharma, oleh cinta kepada kekasihnya, Siwa memimpin Wangsa Surya menerjang badai prahara.

Didasarkan pada wiracarita dan sejarah kuno, novel langka ini mengungkap kisah tersembunyi tentang kehidupan Siwa sang Mahadewa.

***

Rabu, 05 Oktober 2016

[Book Review] Abadilah Cinta - Andrei Aksana



Judul : Abadilah Cinta
Penulis : Andrei Aksana
Cetakan : Kelima, Februari 2008
Tebal : 367 hlm
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Kategori : Novel
ISBN : 978 – 979 – 22 – 3520 – 3 


Blurb:

 "Aku hanya memintamu untuk menjaganya, Er!" pekik Revan kecewa, sesaat setelah bebas dari penjara.
"Tapi aku tidak pernah menyuruhmu untuk mencintainya!"

"Lalu, kauanggap apa aku ini?" desis Ersad tersinggung. "Sebentuk robot yang tak memiliki nurani? Sekian tahun kulalui bersamanya, apakah salah jika tumbuh perasaan di hatiku? Adrini istri yang baik. Ia memberikan semua yang kubutuhkan."
"Karena itulah dulu aku ingin mengawininya. Ia milikku. Dan sekarang aku memintanya kembali darimu!"

Tujuh tahun sebelumnya, karena harus mendekam di balik terali penjara, seorang lelaki meminta sahabatnya untuk menikahi kekasihnya. Dan kini ia meminta kembali semua haknya. Revan dan Ersad, dua lelaki yang memperebutkan cinta suci seorang wanita.
"Kau telah melewati ribuan hari bersama Ardini, Er," pinta Revan penuh permohonan. "Kini izinkan aku memilikinya hanya untuk satu malam..."

Tetapi bagaimana jika tak satu malam pun berhasil dimilikinya? Bagaimana jika tak seorang pun dapat meraih cinta Ardini yang utuh, karena Ardini tak sanggup memilih salah satu di antara dua lelaki yang sama-sama dicintainya? Mestikah Ardini menyemai dua cinta sekaligus dalam hidupnya?

Abadilah Cinta. Selamanya. Cinta memang tak akan pernah berakhir...
 
***