Jumat, 23 September 2016

Tanya Blogger: Menjadi Booktuber, Cara Asyik Unjuk Gigi ala Maggie



Halooo readersss!!!

Kalian pernah dengar istilah booktuber nggak? Kalau pernah, sebenarnya, booktuber itu apa sih? Dan, apa bedanya sama book blogger? Nah, sedikit info nih guys, booktuber dan book blogger bisa dibilang memiliki kesamaan juga perbedaan. Kesamaannya yakni terletak pada konten yang dibahas oleh keduanya, yaitu sama-sama membahas tentang buku. Namun, yang membuat itu berbeda adalah forum yang mereka gunakan untuk mengulas informasi seputar buku tersebut. Sama seperti namanya, book blogger lebih aktif mengulas atau lebih tepatnya menulis hal-hal berkaitan dengan buku di blog atau web. Mereka pun lebih mengedepankan kualitas tulisan. Beda halnya dengan booktuber, mereka memiliki forum tetap yaitu YouTube, lebih tepatnya mereka memiliki channel pribadi di sana. Nah, kalau ada sangkut pautnya dengan YouTube, pasti sudah jelas dong bagaimana cara booktuber ini melakukan tugasnya? Yuupp, mereka mengulas info seputar buku dalam bentuk video. Dan video itulah yang kemudian akan di-upload di channel mereka masing-masing.

Berbicara tentang booktuber, sangat tepat sekali karena di segmen Tanya Blogger kali ini, aku menghadirkan salah satu booktuber Indonesia. Kita akan banyak berbicara soal dunia booktube, mulai dari keseruannya, sampai apa yang bisa mereka dapat dengan menjadi seorang booktuber. Oya, tidak ketinggalan, kita nanti juga akan berkenalan dengan booktuber-booktuber lain yang tak kalah kece loh! Nah, pasti sudah nggak sabar kan, ya? Hayuk langsung saja kita kenalan sama tamu istimewa kita kali ini….


SAY ‘HI’ TO MAGGIE!!!


SUMBER :  DI SINI

Readers, ada yang tahu nggak tentang Kak Maggie? Pasti banyak yang tau lah, secara dia kan nge-HITZ bingtizz! Hahaha. FYI, Kak Maggie adalah salah satu booktuber Indonesia yang cukup aktif. Kalau kalian ingin tahu lebih lanjut tentang Kak Maggie, atau mungkin kepo sama-sama video-videonya di YouTube, langsung klik DI SINI ya. Ada video menarik yang bisa kalian tonton. Dan, tentang buku-buku kece pastinya.

Tapi, sebelum itu, simak dulu yuk obrolan singkatku dengan Kak Maggie tentang dunia booktube, dalam sesi Tanya Blogger: ‘Menjadi Booktuber, Cara Asyik Unjuk Gigi ala Maggie’

Selamat menyimaaakkk….!!!

Halo Kak Maggie. Sebelumnya, sapa dulu dong Kak, para pembaca di Ach’s Book Forum, hihi…

Halo semuanya, salam kenal! Terima kasih karena sudah mengundang aku menjadi narasumber ya, Bin. 

  1. Motivasi apa yang awalnya membuat Kak Maggie memutuskan untuk menjadi seorang booktuber?
Awalnya, aku didesak teman kuliah aku yang kebetulan seorang youtuber gaming untuk ikut menjadi youtuber. Karena laptopku bukan laptop gaming, jadi enggak mungkin banget deh kalau aku buat video gaming. Setelah mikir cukup lama, aku mulai tertarik untuk menjadi booktuber setelah melihat beberapa booktuber luar negeri. Sebenarnya ragu waktu mau buat channel booktube, soalnya belum ada teman dan booktube di Indonesia masih sangat enggak dikenal. Buat channel youtube topik terkenal saja (vlog, gaming, dll) masih susah maju, bagaimana dengan booktube lagi? Tapi setelah enggak sengaja ketemu channel Dhyn Hanarun, akhirnya aku berani buat dan langsung ajak kenalan Dhyn deh buat cari teman seperjuangan, hehe.

  1. Menjadi booktuber pasti awalnya pun butuh belajar dan adaptasi. Nah, proses belajar dan adaptasi tersebut Kak Meg dapat dari mana dan dengan cara seperti apa?
Dari trial & error (alias coba-coba sendiri) sekaligus tanya teman youtuber-ku. Selama setahun lebih menjadi booktuber, banyak banget deh hal yang kupelajari. Dimulai dari soal buku-buku, seluk beluk youtube, maupun cara edit dan rekam video. Kalau soal cara edit video lebih banyak cari tutorial di youtube sih. Ditonton satu-satu dan dipelajari.

  1. Kesenangan/keuntungan apa yang Kak Meg dapat dengan menjadi seorang booktuber,  yang mana hal tersebut tidak bisa didapat dari menjadi seorang book blogger?
Senangnya menjadi booktuber itu karena bisa lebih bebas lagi berekspresi. Maksudku, kalau orangnya cerewet dan suka masang ekspresi aneh saat ngomong kayak aku, bakal lebih seru bicara panjang lebar dalam bentuk video daripada tulisan. Kalau tulisan kan seheboh-hebohnya hanya bisa diungkapkan dengan CAPS LOCK atau dibantu file GIF. Tapi kalau di video, aku bisa teriak-teriak, ketawa, atau bahkan nangis. Jadi ketika sedang rekam video, seakan lagi curhat dengan teman, bukan sedang membuat video!
Selain itu, video bisa diedit macam-macam. Ditambahi klip-klip lucu, atau adegan disorot dengan berbagai sudut untuk menambah estetika, ditambahi background music favorit, macam-macam deh! ^^

  1. Bagaimana apreasi/tanggapan dari penerbit mau pun penulis yang bukunya pernah diulas di channel YouTube Kak Meg?
Rata-rata pada kaget karena belum pernah dengar kalau ternyata ada booktuber juga di Indonesia. ^^ Dan banyak banget yang dukung untuk terus lanjut bikin video. Walau yah, baru sebatas itu sih. Enggak gencar ditawari kerjasama seperti book blogger kok. :p Tapi, aku pun juga enggak mikirin hal itu. Karena seriusan deh, proses bikin videonya saja sudah seru banget!

  1. Bagi Kak Maggie sendiri, sebenarnya apa sih keahlian dasar yang harus dimiliki oleh seorang booktuber?
Sebenarnya sih kalau bicara soal keahlian dasar, alangkah baiknya kalau orang itu sudah mempunyai dasar-dasar editing atau merekam video. Tapi menurutku selama ada kemauan, semua hal mungkin dilakukan kok. Belajar perlahan saja sekalian channelnya berkembang. Aku juga enggak ada dasar sama sekali sewaktu membuat channelku ini. Aku banyak melakukan kesalahan dan terus belajar seiring waktu. Kalau kamu tonton video lamaku dibandingkan dengan video-video baru, pasti kentara banget bedanya. :”D (P.S. Jangan ditonton plis, memalukan banget video lamaku).

  1. Karena sekarang populasi booktuber belum begitu banyak, menurut Kak Maggie, apakah untuk ke depannya nanti akan ada peluang yang sekiranya bisa membuat populasi booktuber ini jadi semakin banyak?
PASTI! Aku percaya booktuber Indonesia akan semakin bertambah! Awal aku buat channel booktube, baru ada 4 booktuber Indonesia yang aktif. Dan sekarang? Sudah 20! Aku juga sering dengar banyak orang yang bilang ingin buat channel booktube tapi malu. Jangan malu atau ragu, nanti belajar dan berkembang bersama booktuber Indonesia lainnya! ^^

  1. Aku pengin tahu nih, gimana tanggapan Kak Meg kalau misal aku juga terjun ke dunia booktube? Hayolooooo, hihihi
Pastinya kece banget dong! Ayo cepat ikut buat channel booktube, Bin! Kalau sudah buat channel, bisa langsung mention Instagram @BooktubeID (Komunitas Booktube Indonesia) atau beritahu aku ya~ Biar bisa dikenalkan dengan booktuber-booktuber Indonesia lainnya. ^^ Kita ada event posting bareng bulanan untuk para booktuber juga loh~ (enggak mau kalah dari Blogger Buku Indonesia) hehe.

  1. Rekomendasikan dong Kak Meg, siapa aja booktuber Indonesia yang kece-kece. Biar pembaca semua tahu. Hmmm jangan nyebut diri sendiri ya, hahahaha.
Semua booktuber Indonesia dong ^^ Semua booktuber Indonesia memiliki ciri khas masing-masing. Jadi kalau sedang ada waktu luang, enggak ada salahnya untuk coba lihat satu-satu. Ini, aku daftar semua booktuber Indonesia beserta link channelnya dibawah:


Nah, bagaimana teman? Seru banget kan?

Seperti yang sudah aku bilang tadi, selain tahu keseruan apa aja dengan menjadi seorang booktuber, ada juga beberapa booktuber kece yang bisa kalian ajak kenalan, hehehe. Jangan lupa berkunjung ke channel YouTube mereka, lalu like, share, & subscribe, yah! But, sebelum berakhir, aku mau kasih pujian nih buat teman-teman booktuber. Kalian kreatif, keren, dan kece deh. Terima kasih sudah ikut membantu menyebarkan virus membaca! Semoga kita semua sama-sama bisa mendapat nilai positifnya. Dan, pesannya, tetaplah konsisten, semoga konten yang dibahas dalam video makin menarik dan kreatif, juga jangan berhenti di tengah jalan. Makin ramai yaaa!

Oya, dari obrolan di atas tadi, niatku buat ikut jadi booktuber juga makin besar nih. Hwaaahhh pengin banget eksis di YouTube, hehehe. Pengin gabung di @BooktubeID juga. Semoga bisa secepatnya yah, teman. Aamiinnn!!! Ee tapi, kalau ada dari kalian yang pengin jadi booktuber, ayo cepat. Boleh banget kok. Biar makin rame juga komunitas Booktube Indonesia. Tunjukkan kekreatifan dan  sisi positif dari putra/i bangsa (hweeleehh bahasanya). Semangat!!!

Sampai jumpa lagi di Tanya Blogger selanjutnya!

Terima kasih!  


MORE ABOUT MAGGIE:
Maggie bisa kalian sapa di akun twiter-nya @Miieruu, atau lewat email di maggiechenvlogs@gmail.com

Dan, jangan lupa juga untuk like+comment, share and subscribe channel YouTube-nya di sini

8 komentar:

  1. wah baca ini jadi ngerasa serunya kalau jadi booktuber :D
    makasih udah berbagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pasti seru banget ya Kak bisa ngulas buku di YouTube sekaligus numpang narsis? Hehe. Terima kasih kembali :))

      Hapus
  2. Terima kasih sudah bikin artikel tentang booktube ^^ ditunggu ya Bin gabung jadi booktuber :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak Maggieeee!!! Waahhh iyaaaa, semoga kelakon ya, hwehehehe

      Hapus
  3. aku suka tuh sama Dazzling Books kece banget videonya. :D Bibin mau jadi booktube juga ya?? *ihiiw*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahhh iya Kak Ay, aku udah berkunjung dan langganan channel-nya. Iya Kak, pengin bangeeettt jadi booktuber. Semoga, ya?

      Hapus
  4. Saya juga awal kenal Maggie ini gara-gara buka youtube akun Mbak Asri. Eh liat beberapa videonya seru. Terus lanjut ke Dhyn Hanarun dan bablas ke Biondy. Mau bikin juga cuma belum pede. hehehe. Jadi saya masih pilih aktif di blog aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku pertama tau booktuber itu Kak Dhyn, suka sama video2nya. Keren, ya? Ayoo dong PD *padahal yang ngomong juga blm PD, wkwkwk*

      Hapus