Sabtu, 31 Desember 2016

[POSTING BARENG BBI] Top Wishlist 2017 & Top Choice 2016


Halo selamat memasuki hari terakhir di tahun 2016!

Hwoooah nggak kerasa ya, besok sudah memasuki tahun 2017. Btw, apakah harapan-harapan kalian di tahun ini sudah terpenuhi semua? Tenang, kalau belum, kalian masih punya banyak waktu. Tahun baru tidak seharusnya dimaknai dengan perayaan atau pesta saja, tapi kita juga harus bisa memaknainya sebagai peluang baru untuk hidup lebih baik. Bagaimana hidup yang baik itu? Tergantung kalian. Karena apa yang kalian kira terbaik, belum tentu terbaik di saya. Intinya, saya berharap, 2017 menjadi salah satu tahun yang terbaik untuk kehidupan kalian.

Di penghujung tahun 2016 ini, saya berniat untuk, istilahnya napak tilas mengenai perjalanan saya sebagai seorang pembaca dan bloger buku. Bisa dibilang semacam kaleidoskop. Karena di postingan ini nanti saya akan sedikit melihat ke belakang tentang bacaan-bacaan saya selama satu tahun ini. Postingan ini sebenarnya lebih diperuntukkan untuk Posting Bareng BBI Desember 2016, yang mana postingan ini isinya akan saya dibagi menjadi dua topik bahasan; pertama, TOP CHOICE 2016—di bagian ini nanti saya akan mengelompokkan 5 NOVEL TERBAIK yang pernah saya baca di tahun 2016, dan yang kedua, TOP WISHLIST 2017—berisi tentang buku apa saja yang menjadi harapan/ingin untuk membacanya di tahun 2017. Bisa dari wishlist 2016 yang belum tercapai, atau mungkin bisa juga calon buku baru yang akan terbit di 2017.

So, mari kita mulai perjalanan napak tilas satu tahun ini dengan melihat LIST TOP CHOICE 2016. Kira-kira, buku terbaik apa saja yang saya baca di tahun 2016? Let’s see!


TOP CHOICE 2016
5    NOVEL TERBAIK VERSI ACH’S BOOK FORUM



Pulang adalah sebuah novel yang berkisah tentang Shadow Economy, atau ekonomi di balik bayangin, atau bisa juga disebut Underground Economy. Tema yang sangat luar bisa, dipadukan dengan unsur-unsur cerita baru, dan gaya penyampaian yang sangat memukau. Yang paling membuat saya berani memberi 5 bintang untuk novel ini di goodreads adalah, karena permainan tarik ulur emosi yang sengaja dilakukan penulis benar-benar mengaduk-aduk perasaan pembaca. Unsur aksi yang juga sangat dominan sangat mampu membuat jantung saya berdebar-debar. Intinya, saya sangat menanti-nanti cerita yang serupa dari Tere Liye.



Ya, Tere Liye lagi. Beberapa alasan kenapa saya memilih HUJAN sebagai salah satu buku terbaik adalah karena setting futuristiknya yang memikat, dan twist-nya yang berhasil mempermainkan emosi saya, terutama di akhir. Bahkan saya sampai melonjak kegirangan saat membaca bagian endingnya. Buku ini berhasil saya baca dalam waktu 1 hari tanpa henti. Jadi, mungkin ini juga yang menyebabkan emosi saya terus terkoneksi dengan jalan ceritanya. Yang jelas, sama seperti PULANG, ikatan emosi antara saya dengan tokoh-tokohnya di dalamnya sangat berpengaruh besar. WOW sekali!



Buku pertama dari Ika Natassa yang berhasil membuat saya benar-benar mengacungkan jempol untuk ceritanya. Sama seperti dua buku sebelumnya, satu hal yang membuat buku ini istimewa bagi saya adalah: emosi yang ditimbulkan. Dengan menggunakan PoV1 dari kedua tokoh utama, saya seakan memiliki ikatan tersendiri dengan tokoh di dalamnya. Bahkan berbagai bentuk emosi di antara tokoh-tokohnya pun berhasil memenuhi pikiran dan emosi saya. Yang jelas, ada satu bagian yang membuat saya, hampir menitikkan air mata. Sebuah drama rumah tangga yang sangat nagih



Awalnya, saya rada ragu saat akan membaca novel ini. Yah kalian tahulah, saya adalah jenis pembaca yang mudah takut. Takut kalau ceritanya tidak sampai ke saya karena ceritanya yang berat. Namun rupanya novel ini jauh dari kesan itu. Bahkan buktinya saya menobatkan buku ini sebagai salah satu yang terbaik yang pernah saya baca.  Saya setuju bahwa novel ini benar-benar novel  pembangun jiwa. Asal kalian tahu, selain gemetar, saya juga bahkan hampir menitikkan air mata untuk ceritanya yang sangat mengaduk-aduk perasaan.



Debut fiksi dari Alexander Thian yang sangat membuatku jatuh cinta. Ceritanya, dibalut kesenduan namun juga banyak menghibur. Sama seperti Critical Eleven, novel ini menggunakan PoV1 dari kedua tokoh kakak beradik. Sifat keduanya yang sangat bertolak belakang membuat buku ini menyajikan dua rasa sekaligus. Satu bagian penuh kesedihan, satu lagi penuh gurauan. Keduanya pun berhasil disuguhkan dan diterima dengan sangat baik oleh pembaca, terutama saya. Dan, untuk buku fiksi selanjutnya, sangat ditungguh sekali Koh Alex!

TOP WISHLIST 2017
7 NOVEL YANG WAJIB BINTANG BACA!

1.       RADEN MANDASIA SI PENCURI DAGING SAPI – YUSI A PAREANOM


2.      CANTIK ITU LUKA – EKA KURNIAWAN


3.      ALWAYS DAN FOREVER LARA JEAN – JENNY HAN


4.      TENTANG KAMU – TERE LIYE


5.      AYAT – AYAT CINTA 2 – HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY


6.      HOLY MOTHER – AKIYOSHI RIKAKO


7.       THE ARCHITECTURE OF LOVE- IKA NATASSA


Nah teman, bagaimana, sudah lihat kan? Itu tadi adalah Top Choice dan Top Wishlist versi saya! Semoga dari Top Choice 2016  tadi, bisa memberikan rekomendasi atau setidaknya membuat kalian tertarik untuk membacanya juga ya. Dan untuk Top Wishlist 2017, doakan semoga bisa tercapai ya, hehehe. Kalau kalian? Apa buku terbaik yang kalian baca tahun ini, dan buku apa saja yang ingin kalian baca tahun depan? Yuk tulis jawabannya di bawah ini! Mari berbagi cerita bersama.

Terima kasih!

POSTING BARENG BBI 2016 – DESEMBER

#BBITopChoice  dan #BBIWishlist2017


11 komentar:

  1. lagi baca critical eleven, baru sampai setengah. agak geregetan, jadi pengen segera selesaiin :))
    btw tentang kamu masuk top 5 ku. bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus kk wenny CE, ayo lanjutin hehe. Aku mau re-read. Tentang Kamu belum punya nih, beliin laaa. Wkwkwk

      Hapus
    2. beliin? hahaha (nangisin dompet)

      Hapus
  2. Wah, ada Critical Eleven. Berharap bisa segera baca karena ada lomba review-nya dari penerbit. Top Wishlist-mu keren juga!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Raafi, CE keren. Saya juga mau ikutan lomba review-nya hehe. Terima kasih, itu wihslist uda bener2 yang paling 'TOP LIST' hehehe

      Hapus
  3. Dua buku teratas top choices-nya Tere Liye, aku suka sih tulisan Tere Liye tapi masih pilih-pilih. Pulang seseru Negeri Para Bedebah kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku sendiri sih, Tere Liye judul apa aja ya dilahap, hehe. Gatau ya, soalnya aku belum baca Negeri Para Bedebah. Tapi katanya, kedua novel itu sama-sama ada unsur aksi yang kental. Jadi pengin nyoba baca :)

      Hapus
  4. Didominasi sama Tere Liye ya XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya nih, gatau kenapa saya suka sekali dg kedua buku Tere Liye itu

      Hapus
  5. Aku sebenernya pengen baca novel Pulangnya Tere Liye, tapi yasudahlah 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm.. YASUDAHLAH-nya Kk Sulis ini sangat mengundang penasaran hehehe

      Hapus