Rabu, 23 Maret 2016

[Wishful Wednesday] #4: Cita Rasa Dapur Tulisan Eka Kurniawan




                Halo teman pembaca semua!

            Sudah hari Rabu! Saatnya ber-Wishful Wednesday. Setelah minggu sebelumnya, aku absen posting WW, hehe. Minggu kemarin adalah minggu yang menyibukkan sekaligus melelahkan. Satu sisi aku merasa seneng, satu sisi lagi juga merasa sedih. Minggu lalu sekolahku mengadakan studytour selama 5 hari di Bali. Nah looo, siapa yang gak seneng coba? Tapi, meski begitu, aku juga agak sedih sebenarnya. Karena, pada awal bulan kemarin, aku sudah menargetkan untuk membaca beberapa buku. Selain untuk tambahan isi blog bulan Maret, juga untuk menambah kuota di Reading Challenge. Targetnya akan ada 6 sampai 7 buku yang akan tayang review-nya di blog bulan ini. Sementara sampai sekarang, baru 3 review buku yang bisa terposting, dan 1 buku lainnya di goodreads.

            Aku sebenarnya cukup menyayangkan dengan banyaknya waktu yang tersita ini. Yah meski pun demikian, aku akan berusaha sebisa mungkin untuk memenuhi target tersebut. Kalau bisa sih lebih dari target, aamiin. Oh iya, langsung saja ya, di postingan Wishful Wednesday kali ini, aku mengusung tema: Cita Rasa Dapur Tulisan Eka Kurniawan.

            Cukup unik bukan? Hehe. Siapa yang tak kenal sosok sastrawan ternama Eka Kurniawan? Pasti banyak di antara kalian yang kerap mendengar nama itu, atau bahkan pernah bertemu langsung dengan orangnya? Waaw, aku juga pengin, hehe. Seperti judul yang telah tertulis di atas, postingan WW kali ini isinya adalah dua buku dari Eka Kurniawan yang sangat aku inginkan. Penasaran? Berikut adalah kedua buku tersebut:

                   1.      CANTIK ITU LUKA


Sinopsis:

Di akhir masa kolonial, seorang perempuan dipaksa menjadi pelacur. Kehidupan itu terus dijalaninya hingga ia memiliki tiga anak gadis yang kesemuanya cantik. Ketika mengandung anak yang keempat, ia berharap anak itu akan lahir buruk rupa. Itulah yang terjadi, meskipun secara ironik ia memberinya nama si Cantik.

Pertama, Cantik Itu Luka. Kenapa aku sangat menginginkan buku ini? Pertama karena tema cerita yang diangkat menarik. Tentang kehidupan seorang pelacur bernama Dewi Ayu. Tema seperti ini selalu menjadi daya tarik untukku. Salah satu alasannya adalah karena aku belum pernah menemui cerita seperti ini di beberapa buku yang pernah aku baca sebelumnya. Jadi, bisa dibilang, aku menginginkan buku ini karena rasa penasaran.

Selain itu, yang membuat buku ini nampak istimewa bagiku adalah karena telah menorehkan banyak prestasi. Best seller? Udah pasti dong. Prestasi lain yang berkesan adalah bahwa kabarnya Cantik Itu Luka sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang. Waaooww, keren nggak tuh? Pokoknya wajib punya buku ini dah, hehe. Alasan lain yang membuat aku suka dengan buku ini adalah karena banyaknya respons positif dari para pembaca, salah satunya dari penulis lokal: Bernard Batubara. Lewat akun twitternya @benzbara_, beliau banyak berkicau tentang kesan-kesan yang positif tentang buku ini. Banyak sekali, dan semakin memperkuat keinginan aku untuk memiliki buku ini.
  
                    2.      O


Sinopsis:

Tentang seekor monyet yang ingin menikah dengan Kaisar dangdut

            Cukup unik kan sinopsisnya? Hehe.

Buku ini bercerita tentang seekor monyet—dimana dia adalah tokoh utamanya. Ya, bisa dibilang fabel. Tapi buku O ini bukan fabel seperti pada umumnya, yang kebanyakan diperuntukkan bagi kalangan anak kecil. Aku juga belum tahu sih keseluruhan cerita ini seperti apa. Tapi, jika dibaca dari sedikit sinopsis di atas, buku ini berhasil menggugah rasa penasaranku yang berlebih.

Sama seperti Cantik Itu Luka, banyak respon positif yang diberikan untuk novel ‘O’ ini. Hal itulah pula yang mendukung aku untuk berkeinginan memiliki buku ini. Jadi, intinya sih… selain karena rasa penasaran, juga karena dorongan dari orang lain, hehe.

Harapannya tetap sama: semoga bisa kebeli. Atau mungkin dapet gratis, aamiin, hehe.

Sampai jumpa di Wishful Wednesday berikutnya.

Terima kasih!

Share WW mu juga ya…
  • Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
  • Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
  • Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah postingan ini). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
  • Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)


4 komentar:

  1. Novel "O" tokoh utamanya beneran seekor monyet?
    *jadi penasaran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku juga sama penasarannya, hehe

      Hapus
  2. Dua buku karya Eka Kurniawan pengen banget aku baca, ….

    BalasHapus