Rabu, 08 Februari 2017

[BLOGTOUR & GIVEAWAY] CARLOS -Erin Cipta



Judul : Carlos
Penulis : Erin Cipta
Tahun terbit : 2017
Cetakan : Pertama
Tebal : 152 hlm
Penerbit : DivaPress
Kategori : Novel
ISBN : 978 – 602 – 391 – 366 – 4 


Blurb:

CARLOS adalah anjing ras Akita yang diadopsi oleh Ye Feng semenjak masih bayi. Anjing itu bukan sekadar hewan piaraan di rumah ini. Ia adalah anggota keluarga. Sejak tiga belas tahun yang lalu Carlos menemani Ye Feng tumbuh dan melalui hari-harinya. Kedekatan Ye Feng dengan anjingnya melebihi kedekatannya dengan anggota keluarga yang lain. Mereka adalah sepasang sahabat baik yang saling tergantung. Cinta melampaui segala sekat antar keduanya. 

Anda bayangkan!

Maka sungguh tak masuk di akal bila disuatu hari, dalam papah dan lelahnya, ada anggota keluarga yang mengusulkan supaya Carlos di-euthanasia. Sungguh kejam, jahat –seperti tidak muncul dari lidah manusia yang disebut-sebut menyimpan hati!

Cerita anjing ini bukan sekadar novel tentang kehidupan seekor anjing, tetapi adalah kehidupan itu sesungguhnya. Sebuah cinta, sebuah hubungan batin tak tepermanai, sebuah keagungan yang denyar-denyarnya sungguh mengharukan dan mengguncang jiwa manusia-manusia yang masih merawat kelembutan hatinya.
Bacalah, tahanlah air mata Anda bila mampu!

***

“Banyak perumpamaan yang bisa digunakan untuk mengibaratkan ikatan antara Ye Feng dan Carlos. Sejak dipertemukan, mereka laksana jantung dengan degupnya, api dengan panasnya. Mereka adalah cinta. Cinta tanpa syarat yang menebarkan kebahagiaan bukan saja untuk mereka berdua, melainkan juga pada orang-orang di sekitarnya.”
Hlm. 52

“Carlos adalah sahabatku. Sejaik dulu. Ia tak punya Ibu. Ia tak punya saudara. Sungguh kasihan. Sekarang, akulah yang menjaganya.”
Hlm. 55

CARLOS. Adalah sebuah novel yang berkisah tentang seekor anjing—yang bernama Carlos—dengan tuannya, yaitu Ye Feng—seorang pemuda berusia dua puluh enam tahun yang terkena down syndrome. Di usianya yang keduapuluh enam, fisik Ye Feng tidak tumbuh sebagaimana umumnya. Ye Feng tumbuh dengan fisik gempal dan pendek. Selain itu, pada pola pikir serta perilakunya juga berhenti pada fase kanak-kanak yang berusia lima tahun. Jadi jangan heran apabila kalian melihatnya kerap bertingkah seperti anak kecil di samping usianya yang sudah mencapai seperempat abad.

Keadaan demikian membuat Ye Feng susah untuk melakukan sosialisasi antar manusia yang sewajarnya. Hal itulah yang mendorong Wu Mao Ching—ayah Ye Feng—untuk mengadopsi seekor anjing dari jenis Ras Akita untuk menemani Ye Feng. Dan benar saja, semenjak kehadiran Carlos—nama anjing tersebut—Ye Feng berubah menjadi pemuda (anak-anak) yang aktif dan periang. Bahkan kini, pada hari Rabu di setiap minggunya, Ye Feng selalu pergi ke sebuah sekolah—yang khusus menampung siswa berkebutuhan khusus—untuk mengajari piano. Meski memiliki fisik dan psikologis yang tidak sempurna, namun bakat musik Ye Feng cukup luar biasa.

Ye Feng dan Carlos hidup bagai sepasang sahabat. Kerap kali mereka bermain bersama, jalan-jalan, bahkan tidur bersama. Kondisi ini secara otomatis semakin memperkuat jalinan persahabatan antara anak manusia dan anjing ini. Mengejutkan memang. Namun itulah yang terjadi, Ye Feng mencintai Carlos, begitu juga sebaliknya. Namun, di usianya yang menginjak tiga belas tahun, Carlos mulai sakit-sakitan. Berdasarkan hasil pemeriksaan dari Dokter Liu, Carlos memang sudah sangat tua, dan berbagai penyakit kini mulai menyerang tubuhnya.

Seiring semakin parahnya penyakit Carlos, semakin sering pula Ye Feng terlihat murung. Ia mulai kehilangan selera makan, dan kembali menjadi sosok yang tertutup. Keadaan menjadi semakin buruk, hingga di suatu hari, Ye Feng dihadapkan pada satu keputusan besar yang mencoba menghancurkan kebahagiaannya bersama Carlos…

Euthanasia…

***

“Dewa, aku bingung. Mereka ingin ambil Carlos. Jika Carlos harus mati, jadikan jiwanya temanku. Aku tak suka Dokter Liu. Dokter Liu ingin Carlos mati.”
Hlm. 108

Di tengah menjamurnya novel-novel roman di pasaran, Carlos hadir dengan warna yang berbeda. Aku tidak menemukan cerita roman seperti yang beredar di pasaran, tapi lebih dari itu. Tema tentang hubungan antara anjing dan tuannya berhasil dieksplor dengan sangat baik oleh penulis.  

Awalnya aku sempat pesimis jika novel ini akan mampu menguras emosi yang cukup mendalam, tidak seperti novel-novel roman yang bisa menghanyutkan pembacanya hanya dengan diberi sentuhan adegan manis saja. Namun yang terjadi justru di luar dugaan. Novel ini, aku katakan, selain berhasil menyampaikan temanya dengan sangat baik, juga berhasil membubuhkan elemen-elemen cerita yang berhasil bikin aku—sebagai pembaca—merasakan gejolak emosi yang luar biasa.

Hubungan antara manusia dan hewan piaraan mungkin memang sudah sering kita dengar, itu pun pasti hanya sekilas dan kesan kita terhadap hal tersebut mungkin biasa saja. Namun lewat novel ini, penulis mampu mengubah pandangan ‘biasa aja’ tersebut menjadi luar biasa dan mau tidak mau meninggalkan kesan tersendiri setelah kita membacanya. Seperti kata Pak Edi AH—rektor Kampus Fiksi—di bagian kaver depan buku ini, kekuatan utama Carlos adalah terletak pada kedalaman mahacinta yang terjalin antara manusia dan anjing. Dan, buku ini, tidak mengangkat tentang apa/bagaimana anjing itu sendiri, melainkan lebih mengarah kepada seperti apa makna kehidupan yang bisa kita petik, yang uniknya, dihadirkan bersamaan dengan kisah menarik dari seekor anjing.

Hubungan antara Ye Feng dan Carlos dibuat dengan sangat manusiawi sekali. Hal itulah yang menurutku menjadi kekuatan utama penulis dalam menyalurkan emosi yang ada dalam cerita ke benak pembaca. Berdasarkan cerita yang ada di buku ini, aku cukup berani menyimpulkan bahwa tidak ada batasan antara mana golongan manusia dan mana golongan hewan, terutama di Taiwan—negara yang menjadi latar utama cerita ini. Kedekatan yang sangat intens antar keduanya telah menyamarkan perbedaan tersebut. Beneran, cerita ini berhasil melibatkanku dengan penuh emosional. Hubungan antara manusia dan hewan yang awal mulanya sangat tidak terpikirkan, berubah menjadi sebuah kisah yang sarat akan makna dan pelajaran hidup. Sudah bisa dipastikan, Carlos menjadi novel dengan tema berbeda—yang pertama kali kubaca—yang anehnya, membuatnya aku sangat suka. Selain itu, kondisi Ye Feng yang juga digambarkan sebagai sosok kurang sempurna—baik secara fisik atau pun psikologis—juga sangat menarik rasa peduli dan simpati kita, yang mana ini turut menambah intensitas emosi yang kita rasakan terhadap ceritanya.

Selain itu, aku ingin sedikit bercerita tentang gaya hidup masyarakat Taiwan yang mampu mencuri rasa ketertarikanku. Tapi sebelum itu, perlu kalian ketahui, tidak hanya mengangkat Taiwan sebagai latar utama, namun juga tentang budaya dan keadaan masyarakatnya di sana. Semua disampaikan dengan cukup baik, tanpa menyamarkan garis utama ceritanya. Yang membuatku tertarik adalah gaya hidup masyarakat Taiwan yang cenderung kurang bisa kita mengerti sebagai bangsa Indonesia—terlebih bagi kita pemeluk agama Islam. Di sana, hubungan antara manusia dan anjing adalah hal yang umum. Mungkin hal tersebut juga kita temui di Negara kita, namun bedanya, di sana, makna ‘umum’ berarti lebih besar lagi dari yang kita kira. Anjing seolah dituankan. Banyak adegan di novel ini juga sangat mendukung kesan tersebut. Seperti keluarga Ye Feng yang sangat sedih sesedih-sedihnya saat mengetahui Carlos sakit, bahkan dukacita mereka terhadap anjing sangat besar sekali. Jika di Indonesia, seperti menangisi kepergian keluarga/saudara.

Meski di Negara kita, anjing masih belum mendapat tempat yang baik sepenuhnya, namun terlepas dari itu, buku ini berhasil menyampaikan pesan yang cukup berpengaruh. Terutama terhadap sikap kita kepada hewan piaraan yang seharusnya. Lewat buku ini pula, mata kita seolah dibuka bahwa rasa kasih sayang dan peduli terhadap hewan adalah salah satu wujud kebaikan. Mulai sekarang, ayo sayangi piaraanmu. Overall, sebagai novel debut dari Kak Erin Cipta, novel ini pantas dapat 4 bintang!

“Jiwa keduanya seolah dipertemukan untuk saling melengkapi dan menjaga. Kegembiraan yang tercipta dari kebersamaan mereka menebar energi positif pada orang-orang di sekitarnya. Ye Feng dan Carlos menjelma pohon kebahagiaan.”
Hlm. 122


G I V E A W A Y




Mau dapetin 1 eks novel CARLOS gratis dari DivaPress dan Erin Cipta?

                Yuk, ikutan giveaway-nya di sini!

Simak rules-nya berikut ini dan cermati baik-baik:

1.       Pastikan kamu orang asli Indonesia
2.       Follow Twitter @divapress01 dan @erin_cipta (wajib) dan @Bintang_Ach (sunah)
3.       Follow blog ini via Google Friend Connect / GFC (ada di sidebar kanan)
4.  Share/bagikan tautan Giveaway ini di Twitter: Mention ketiga akun di atas, dengan hastag #GiveawayCARLOS
5.       Untuk Giveaway-nya, silakan simak dan perhatikan gambar ini!


CARLOS merupakan anjing dari jenis ras Akita.
Pertanyaan: Dari ketiga anjing di atas, yang manakah Carlos? 


6.     Pilih salah satu jawaban di atas (A/B/C) dan masukkan ke kolom komentar disertai dengan Link Share Twitter (saja). Btw, ini soalnya mudah banget loh. Prediksiku sih, semua peserta bakal bener jawabnya, wkwkwk.
7.     Giveaway berlangsung sampai tanggal 14 Februari 2017. Pemilihan pemenang dilakukan secara random (khusus untuk peserta yang jawabannya benar)
8.      Selamat menebak, dan semoga keberuntungan ada padamu, ya!


53 komentar:

  1. Jawaban: B
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/829147103121199105

    BalasHapus
  2. Jawaban: B
    Link Share Twitter: https://twitter.com/kunthi_kun/status/829169578626400256

    BalasHapus
  3. Jawabannya: B
    Link share: https://mobile.twitter.com/Arthms12/status/829175035126386688

    BalasHapus
  4. Nama : Ervan Setiawan
    Twitter : @ervanedge
    link share :
    https://mobile.twitter.com/ervanedge/status/829174875835076608?p=v

    Jawaban : ( B )

    Akita Inu termasuk salah satu dari enam anjing trah Jepang , Sifat Anjing ini
    tenang, setia, penurut, mudah diajar.
    Dan Fakta unik tentang Anjing salah satunya kepintaranya Setara dengan Anak balita berusia 2,5 tahun.

    BalasHapus
  5. Jawaban: B
    Link share: https://twitter.com/erdeaka/status/829175851371499520

    BalasHapus
  6. Jawaban : B
    Link share : https://twitter.com/hestybas/status/829176658817003520

    BalasHapus
  7. Jawaban : B
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/829180166605639680

    BalasHapus
  8. Jawaban: B.
    Link share: https://twitter.com/ibnu_berkicau/status/829183410388271105

    BalasHapus
  9. jawaban : B
    Link share : https://twitter.com/I_Pe_Es/status/829188314083233792

    BalasHapus
  10. jawaban : B
    Link share : https://twitter.com/I_Pe_Es/status/829188314083233792

    BalasHapus
  11. B
    Link https://twitter.com/twidiw/status/829189086233624579

    BalasHapus
  12. Carlos adalah anjing dari ras Akita yang ada di gambar B
    Twitter : @wiE_dhut
    https://twitter.com/wiE_dhut/status/829197491333632000

    BalasHapus
  13. Jawaban : B
    Link share : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/829212780771282947

    BalasHapus
  14. Jawaban: B gambar B lebih mirip di cover novelnya­čść
    Link share:https://twitter.com/Febyaulia316/status/829225475033661440

    BalasHapus
  15. Bety Kusumawardhani2/08/2017 8:37 PM

    Jawaban: B
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/829322535120596992?p=v

    BalasHapus
  16. Jawaban : B
    Link share : https://twitter.com/Femmyadis/status/829333687950942210

    BalasHapus
  17. Jawaban : B
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/829371355833315328?p=v

    BalasHapus
  18. Jawaban: B
    Karena yang A jenis Golden dan yang C jenis Siberian Husky

    Share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/829394172419284992

    BalasHapus
  19. Jawaban : B
    Share : https://mobile.twitter.com/DabelyuPhi/status/829308625365643266?p=v

    BalasHapus
  20. Jawaban: B
    Link share: https://mobile.twitter.com/indriaHR/status/829475904128573440

    BalasHapus
  21. Jawaban: B
    Link share: https://mobile.twitter.com/indriaHR/status/829475904128573440

    BalasHapus
  22. B
    https://twitter.com/sitasiska95/status/829520002197753856

    BalasHapus
  23. Jawaban : B
    Link share : https://mobile.twitter.com/mrtlrhmi_/status/829644637484703744?p=v

    BalasHapus
  24. Jawaban :
    Carlosnya yang Anjing nomor 2 Bin

    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/829684863540211713

    BalasHapus
  25. Jawaban: B
    Link share: https://twitter.com/nikmalabdul/status/829686176546054145

    BalasHapus
  26. Jawaban : B
    Link share : https://mobile.twitter.com/Anaao98/status/829696214518030336?p=v

    BalasHapus
  27. B
    https://twitter.com/RosaClaudia_R/status/829705243919126528

    BalasHapus
  28. Jawaban: B
    https://twitter.com/WoMomFey/status/829780214074875904


    PS: duh baca reviewmu ini jadi penasaran sama si Carlos! Aku dari dulu selalu gampang tersentuh kalau lihat film/baca buku tentang hewan peliharaan T__T

    BalasHapus
  29. Jawaban: B
    Link Share:
    https://twitter.com/Rinafiitri/status/829854245922889730

    BalasHapus
  30. Jawaban: B
    Link share: Lihat Tweet @Nihlafuadah09: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/829720448501895168?s=09

    BalasHapus
  31. Jawaban: B
    Link share: Lihat Tweet @Nihlafuadah09: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/829720448501895168?s=09

    BalasHapus
  32. Jawaban: B
    Link share: Lihat Tweet @Nihlafuadah09: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/829720448501895168?s=09

    BalasHapus
  33. Jawaban : B
    Link share : https://mobile.twitter.com/mimichinori/status/829906038627430400

    BalasHapus
  34. B
    https://mobile.twitter.com/aroktavia/status/829967220444844032

    BalasHapus
  35. Jawaban :B
    Link share : https://twitter.com/Dini_Auliana28/status/829977530421567490

    BalasHapus
  36. Jawaban: B
    Link share: https://twitter.com/ummi_hnf/status/830325839535353856

    BalasHapus
  37. Jawaban B
    link share: https://mobile.twitter.com/R_dinah_R/status/830616213067685888?p=v

    BalasHapus
  38. Jawaban: B
    Link share: https://twitter.com/rohaenah1/status/830652901710192641

    BalasHapus
  39. Jawaban: B

    Link share: https://mobile.twitter.com/rarahiemah/status/830773035489636352

    BalasHapus
  40. Jawaban : B
    link share : https://mobile.twitter.com/NhisaMinoz75/status/831110043416162304?p=v

    BalasHapus
  41. Jawaban B.

    Link share : https://mobile.twitter.com/CallMe_Yanti/status/831109073672167424

    BalasHapus
  42. B
    https://twitter.com/fembi_rekrisna/status/831173487146344448

    BalasHapus
  43. Jawabannya B
    Link share twitter: https://twitter.com/tiwittiw/status/831186759899705344

    BalasHapus
  44. Jawaban: B
    Link share: https://twitter.com/Lynlainy17/status/831367372036386817

    BalasHapus
  45. Jawaban: B
    Link share:
    https://twitter.com/Linaernaw/status/831422386649960450

    BalasHapus
  46. Jawaban: B

    Link Share Twitter: https://twitter.com/nunaalia/status/831422390647169024

    BalasHapus
  47. Jawaban : B
    https://mobile.twitter.com/RiniCipta/status/831485953952739332

    BalasHapus
  48. Jawaban: B
    https://mobile.twitter.com/dust_pain/status/831498946061012992

    BalasHapus
  49. jawaban: B
    Link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/831501664783781888

    BalasHapus
  50. Answer : B
    Link Share : https://mobile.twitter.com/Vanesyakeiko/status/831546400915742720?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C9064737059

    BalasHapus