Jumat, 28 Oktober 2016

[LAGI] 5 Bloger Buku yang Wajib Kamu Ketahui!



Halo, sudah baca postingan Top 5 Indonesian Book Blogger?

Jika sudah, maka saatnya kalian menyimak postingan yang berikut ini. Berhubung kemarin (tanggal 27 Oktober) diperingati sebagai Hari Bloger Nasional, maka dalam rangka menyambut hari bahagia bagi kami tersebut, aku akan kembali membuat satu ulasan singkat mengenai 5 Blogger Buku Favorit versi Ach’s Book Forum.

Sebenarnya definisi bloger sangatlahluas. Karena bloger sendiri terdiri dari berbagai macam jenis. Yang jelas, yang membedakan satu macam bloger dengan bloger lain adalah jenis konten seperti apa yang mereka tulis. Ada istilah food blogger, kumpulan bloger yang menulis segala hal terkait makanan. Fashion blogger untuk bloger yang selalu mempublikasikan tulisan mengenai pakaian. Dan ada juga istilah Photo Bloger, biasanya bloger jenis ini juga merangkap sebagai seorang fotografer yang juga memiliki hobi di bidang fotografi.  

Tapi, tahukah kamu bahwa ada istilah book blogger? Ya, book blogger atau bloger buku adalah mereka yang berperan sebagai dalang di balik berdirinya sebuah blog buku. Kami—bloger buku—akan lebih banyak memposting segala hal yang berkaitan dengan buku. Bisa dari resensi, artikel seputar dunia perbukuan, dan kutipan-kutipan menarik dalam sebuah buku. Keberadaan bloger buku ini pun semakin diperhitungkan saat tahun 2011 lalu, berdiri sebuah komunitas yang menamakan diri mereka sebagai Blogger Buku Indonesia (BBI).  

Jika di bulan April lalu aku sudah memposting 5 Blogger Buku Indonesia Favorit, maka tidak jauh berbeda dengan kali ini. Hanya saja, beberapa bloger buku yang aku sebut ini nanti tidak semuanya anggota dari komunitas BBI. Karena #HariBlogerNasional sifatnya lebih umum, maka patokanku di postingan kali ini tidak hanya dari BBI aja, tapi lebih luas.   

Lantas, siapakah kelima bloger buku itu? Mari kita kenalan bersama-sama…


        1.       ATHAYA IRFAN @ THE BOOCH CONSULTANT



Yang pertama adalah Athaya, bloger dari TheBooch Consultant. Selain dikenal cukup aktif di setiap bulannya, Aya juga sering menghadirkan postingan yang beragam dan menarik. Seperti update-update mengenai dunia perbukuan—kamu bisa baca salah satunya DI SINI. Kumpulan kutipan menarik dalam buku, dan lain-lain. Selain itu, ia juga aktif menulis artikel dari acara-acara/event buku yang dikunjunginya. Salah satunya adalah postingan tentang Indonesia International Book Fair yang diadakan bulan September lalu.

Meski sering menyebut dirinya sebagai newbie, tapi Aya dan blog bukunya tidak kalah bagus—terutama dari segi tulisan—dengan blog-blog buku lain.

        2.      ADIN @ BUKU HAPUDIN



Kedua, Mas Adin dengan blog bukunya Buku Hapudin. Meski terbilang newbie, bahkan umur blog bukunya belum ada satu tahun. Tapi aku cukup apresiasi sekali karena Mas Adin punya semangat yang besar di dunia blogging. Ia juga terbilang sangat aktif dan produktif dalam mengisi blognya. Mayoritas isi blognya adalah resensi buku. Tapi itulah yang aku suka, karena setiap resensi yang ia buat sangat berbobot, detil sekali, dan kritis. Banyak sekali istilah-istilah baru dari isi suatu buku yang aku dapat dari resensi Mas Adin. Salah satu resensi yang aku suka adalah resensi untuk buku Kastil Es dan Air Mancur yang Berdansa karangan Prisca.

Dan sebagai seorang bloger cowok, Mas Adin terbilang saah satu yang cukup menonjol dari segi kualitas tulisan di antara kami—bloger cowok lain.

        3.      NURINA WIDIANI @ KENDENG PANALI



Ketiga adalah Nurina Widiani atau yang biasa dipanggil Mba Ina. Dengan blog bukunya—Nurina Mengeja Kata—Mba Ina rupanya memiliki cerita tersendiri sebagai seorang bloger. Mayoritas bloger mungkin menggunakan laptop/komputer sebagai media menulis mereka. Tapi beda dengan Mba Ina, ia melakukan semua kegiatan blogging-nya hanya dengan bermodal smarthphone (iya, HP) Kebayang nggak? Dari awal ngetik sampai posting? Penuh perjuangan sekali bukan? Belum nanti ditambah kalau HP nya blank, atau masalah-masalah lainnya, bukankah tambah rumit? Kadang kita yang ngetik chat gitu aja, tangan rasanya udah pegel dan mata burem, wkwkwk.

Sebagai seorang bloger buku yang sangat aktif, Mba Ina perlu sekali kita apresiasi. Ditambah statusnya sebagai Ibu Rumah Tangga, yang jelas  juga sangat menyita waktu. Pasti tidak akan mudah melakukan semua itu dalam waktu bersamaan. Rasanya, 24 jam dalam sehari aja nggak cukup. Tapi nyatanya, Mba Ina bisa melakukannya.

        4.      APRIL SILALAHI @ BOOK WORLD



Keempat, April dan blog bukunya Book World. Mungkin sebagian besar pembaca sudah mengenali atau mungkin denger nama April? Kalau kalian pengguna Goodreads, pasti tidak asing lagi dengan orang ini, wkwkwkwk. Ok, April masuk ke dalam satu bloger favorit aku karena review-review yang ia tulis cukup kritis dan blak-blakan. Meski beberapa waktu lalu suasana sempat memanas karena review yang April tulis Goodreads terhadap salah satu novel wattpad dinilai kurang baik, tapi bagiku kita bisa memetik satu-dua nilai positif dari April.

Secara tidak langsung, kita bisa belajar dari review-review April baik di blog atau akun goodreads-nya, bahwa kita harus menilai suatu buku dengan jujur, dan kalau perlu sangat kritis. Apalagi kalau bukan untuk kebaikan penulis dan penerbit, kan? Meski resiko yang diambil cukup besar, tapi apa artinya juga kalau kita melakukan kebohongan? Dan tweet dari Mas @_PJulianto ini semakin menguatkan titel April sebagai reviewer terkritis, hihihi.


SUMBER: DI SINI 

Jadi, siapa yang mulai sekarang mau jadi reviewer kritis seperti April?

        5.      USUP SUPRIYADI @ MERINDU PAGI



Terakhir ada Mas Usup dengan blognya Merindu Pagi.  Gaya bahasa dan kata yang ia gunakan di setiap resensinya menurutku adalah nilai plus tersendiri. Bagiku, kata-katanya yang terkesan ‘cool’ ini begitu menunjukkan resensi yang benar-benar memiliki kualitas bagus. Kadang pula, resensi yang Mas Usup tulis pun tidak hanya membahas apa yang tersurat dari isi buku itu saja, namun juga menelaah lebih dalam dari makna tersiratnya pula.

Sama seperti Mas Adin, menurutku Mas Usup dan Merindu Pagi adalah salah satu dari beberapa bloger cowok yang sangat diperhitungkan. Semoga saja penulis dan penerbit bisa lebih proaktif dan memiliki pandangan luas dalam mencari bloger. Tidak hanya melihat dari seberapa banyak pengalaman mereka, tapi  juga seperti apa kualitas mereka. Karena jika urusan kualitas, semua bloger buku yang aku sebut tadi sungguh benar-benar berkualitas.

Nah teman, itu tadi adalah 5 bloger buku favorit versi Ach’s Book Forum. Semoga bisa menjadi rekomendasi yang bagus untuk kalian. Jangan lupa untuk berkunjung dan follow blog mereka juga, ya. Selamat Hari Bloger Nasional, dan Selamat Hari Sumpah Pemuda! Tingkatkan kreatifitas dan modernitas muda/i bangsa lewat media digital!

Terima kasih!


5 komentar:

  1. Wah baru tahu kalau banyak yang khusus ya blogger buku. Keren keren semuanyaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, semoga bisa menginspirasi. Terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  2. Aku cuma kenal beberapa Bin heheee :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maka dari itu aku ikut mempublikasikan bloger-bloger yang mungkin belum banyak dikenal, agar lebih terkenal, hihi. Terima kasih Kak Ntan sudah berkunjunggg :))

      Hapus
  3. Wiii ini yang bisa nambah ilmu :D wajib punya nih

    BalasHapus