Senin, 31 Juli 2017

[REVIEW & GIVEAWAY] Carisa dan Kiana - Nisa Rahmah




Judul : Carisa dan Kiana
Penulis : Nisa Rahmah
Tahun terbit :2017
Cetakan : Pertama
Tebal : 208 hlm
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Kategori : Novel Teenlit / Remaja
ISBN : 978 – 602 – 03 – 3957 – 3 


Blurb:

Lima fakta tentang Carisa: pintar berorganisasi, judes apalagi jika berhubungan dengan Stella, diam-diam punya bakat dalam bermusik, menyukai Rama (sahabatnya sendiri), dan menyimpan kisah kelam tentang keluarganya.

Lima fakta tentang Kiana: jagoan sains SMA Pelita Bangsa, pemalu, bersahabat dengan Stella si cewek populer, menjalin komunikasi misterius dengan cowok terkenal di sekolahnya, dan menyayangi Papa melebihi apa pun di dunia.

Rama bersaing dengan Rico, pacar Stella, dalam pemilihan ketua OSIS SMA Pelita Bangsa. Strategi kampanye yang diusung Carisa sebagai ketua tim sukses Rama, terbukti jitu. Stella jadi berang dan mengembuskan gosip tidak sedap tentang Carisa dan Rama.




Carisa berniat melabrak Stella. Namun karena hanya ada Kiana, dialah yang diserang Carisa hingga terjadi kecelakaan kecil. Orangtua Carisa dan Kiana pun dipanggil. Di pertemuan orangtua itu, satu rahasia tentang keluarga mereka terungkap.

Bagaimana Carisa dan Kiana menghadapi kenyataan baru yang mengubah cara pandang mereka akan hangatnya keluarga? Apa yang harus Carisa dan Kiana lakukan saat menyadari mereka sama-sama menyukai Rama?

***

-CARISA-

Aku adalah salah satu siswi yang paling disegani di sekolah, baik oleh adik kelas, mau pun teman sebayaku. Jika kamu merasa menjadi salah satu murid di sekolah yang sama denganku, tidak mungkin jika kamu tidak mengenalku. Namaku berada di urutan kedua sebagai siswi terpopuler setelah musuh bebuyutanku, Stella. Kami bersaing dalam banyak hal, terutama dalam ajang pemilihan OSIS tahun ini. Bukan, bukan kami yang mencalonkan diri sebagai kandidat ketua OSIS, melainkan orang yang kami sukai.

Persainganku dengan Stella membawa cerita panjang, dan juga insiden yang sangat tak terduga. Di sinilah, aku mengenal Kiana, seorang gadis pandai, sekaligus ketua KIR, yang juga terkenal menjadi kaki tangan Stella. Tidak hanya dengan Stella, kini masalah yang kuhadapi juga turut membawa Kiana. Dan yang tak terduga, masalah yang satu ini lebih rumit. Bahkan membuatku merasa tak sanggup untuk melaluinya. Bagaimana aku bisa percaya, bahwa Kiana sebenarnya adalah…???

-KIANA-

Sebagai murid yang terkenal pandai di sekolah, sebenarnya ada dua hal yang kurasakan: menyenangkan, dan sebaliknya. Menyenangkan karena aku bisa punya banyak teman tentunya. Dan, tidak menyenangkan karena aku hanya dimanfaatkan sebagai ‘pendongkrak’ nilai mereka. Salah satu dari mereka adalah Stella, siswi terpopuler di sekolah. Namun meski begitu, aku merasa dekat dengan Stella dan senang bisa menjadi sahabatnya—meski orang di luar sana memandang kami seperti atasan dan bawahan.

Bahkan karna saking dekatnya dengan Stella, terkadang aku pun turut menjadi imbas dari perbuatan-perbuatan yang dilakukannya. Salah satunya pada hari itu, saat tiba-tiba aku menjadi korban dari kemarahan Carisa. Inilah yang tidak kusuka. Setiap permasalahan yang dihadapi Stella, ujung-ujungnya selalu merembet ke aku dan menganggap bahwa aku yang selalu mendukung rencana jahatnya. Siapa sangka, permasalahan Stella—yang kini jadi permasalahanku juga—dengan Carisa berbuntut panjang. Hingga akhirnya, tanpa disadari masalah ini turut mengungkap satu rahasia besar yang tak kuketahui selama ini.

Aku tidak ingin menceritakannya. Yang jelas, sejak hari itu, aku sangat membenci Carisa dan segala hal yang berkaitan dengannya.

***

Sebelumnya, saya turut berbangga hati dengan pencapaian Kak Nisa Rahmah di dunia perbukuan lewat debutnya ini. Rekan yang selama ini menjadi wadah bagi saya untuk berbagi pengalaman, cerita, dan memulai hal-hal baru lainnya dalam dunia yang sama-sama kita sukai—membaca dan menulis. Carisa dan Kiana lahir dari kerja keras dan tekad yang kuat, sedikit banyak saya ikut tahu juga bagaimana perjuangan penulis dalam menyelesaikan buku pertamanya ini. Dan begitu tahu buku ini telah terbit, ikut senang tentunya. Terlebih lagi saat bisa memegang dan membaca cerita di dalamnya.

Seperti biasa, dalam sebuah review, saya harus memberikan penilaian yang sejujur-jujurnya. Tidak peduli siapa penulis buku tersebut, untuk kepentingan apa buku tersebut saya baca, tetap akan saya uraikan seperti apa kelemahan dan kelebihannya.  Pertama saya ingin mengutarakan hal-hal yang membuat saya kurang suka dengan buku ini. Pertama, saya merasa jika blurb yang ada di belakang buku ini terlalu panjang dan agak berujung pada spoiler. Meski saya sudah tahu sedikit cuplikan jalan ceritanya dari penulis jauh sebelum membaca buku ini, namun tetap saja, saat saya memosisikan diri sebagai pembaca, saya tidak menemukan hal yang membuat saya bertanya-tanya saat membaca blurb-nya. Justru dari situ, pembaca mungkin bisa menebak apa inti permasalahan yang coba disembunyikan penulisnya. 

Kedua, masih seputar kekurangan. Mungkin yang ini bisa disebut relatif, karena saya mengungkapkan ini berdasarkan personal, dan dari apa yang saya rasakan. Yakni, saya merasa bahwa penulis terlalu cepat mengungkapkan inti permasalahannya. Seingat saya pada bagian perempat awal buku ini, twist yang awalnya ingin saya temukan di ending itu, justru muncul di bagian-bagian awal—lebih tepatnya saat menuju pertengahan cerita. Jadi di bagian pertengahan hingga akhir pun, saya tidak dibuat bertanya-tanya tentang apa yang akan terjadi berikutnya.

Sekarang kita beralih ke hal-hal yang menurut saya menjadi kelebihan buku ini. Pertama, cover-nya eye catching banget. Karakter Carisa dan Kiana sudah bisa tergambar dengan jelas walau hanya sekedar melihat cover-nya saja. Dari segi luar yang lain, seperti font, paragraph, mau pun tata letak dan layout juga sudah sangat baik. Setidaknya tidak bikin saya puyeng gara-gara tulisannya yang rapat, hehe.

Kedua, cerita ini berhasil membawa ingatan saya ke masa-masa saat masih menjabat di organisasi OSIS ketika SMA. Apa yang diceritakan penulis di sini benar-benar sangat realistis dan relate dengan apa yang pernah saya rasakan. Tidak heran memang, karena pekerjaan penulis juga banyak berkecimpung di bidang demikian. Banyak sekali nuansa yang sama yang saya rasakan kembali ketika membaca buku ini. Rasanya,seperti baru masuk SMA lagi, hehe. Ketatnya persaingan saat pemilihan ketua OSIS, banyaknya agenda dan kegiatan sekolah, adalah beberapa hal yang berhasil membuat saya bernostalgia di masa-masa yang dulu. Padahal saya baru lulus SMA tahun ini, hehe.

Meski buku ini bertema remaja, namun konflik yang ada di buku ini tidak menjadikan ceritanya terkesan murahan dan menye-menye. Dengan menitikberatkan pada drama keluarga, penulis lihai dalam mengaduk-aduk emosi pembacanya. Apa yang disampaikan penulis merupakan salah satu intrik sosial yang kerap kita temui. Seketika ini menjadi tamparan keras bagi kita untuk tetap mengingat betapa berharganya sebuah keluarga.

Dan oh ya, buku ini juga memiliki segi edukatif lewat pengetahuan-pengetahuan IPA, seperti fisika yang sengaja diselipkan oleh penulis. Sebenarnya saya sangat menyayangkan sih, karena itu nggak relate sama sekali dengan saya. Anak IPS mah mana atuh? Hahaha.

Overall, I love that book so much. Sebuah debut yang membanggakan!

G I V E A W A Y !


Ingin mendapatkan 1 eks novel ‘Carisa dan Kiana’ dari Nisa Rahmah secara gratis?

Mudah kok, kalian bisa mengikuti Giveaway-nya di bawah ini.

Simak rules-nya baik-baik yaa :

1.       Peserta berdomisili dan memiliki alamat pengiriman di Indonesia.
2.       Wajib follow Twitter @niesya_bilqies dan @Bintang_Ach
3.       Follow blog ini via GFC / Email (ada di sidebar kanan)
4.     Share atau bagikan info Giveaway ini di akun sosmedmu (Twitter, Facebook, atau yang lain) dengan mention @niesya_bilqies dan @Bintang_Ach dengan hastag #GACarisadanKiana. Dan pastinya sertakan Link Giveaway ini juga!
5.      Giveaway kali ini aku bikin yang mudah-mudah saja ya, ikuti rules berikut:

Untuk memenangkan 1 eks ‘CARISA DAN KIANA’ dari Nisa Rahmah, cukup tulis/copy kalimat berikut ke kolom komentar:

“AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

Sertakan pula akun Twitter (SAJA) di bawah kalimat tersebut!
Simple, kan?

6.  Giveaway berlangsung mulai hari ini (31 Juli 2107) sampai dengan 7 Agustus 2017. Pengumuman pemenang dilakukan SECEPATNYA dan secara ACAK/RANDOM.
7.       GOOD LUCK!


52 komentar:

  1. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @widywenny

    BalasHapus
  2. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!"

    @alfari_12

    BalasHapus
  3. "AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!

    @She_Spica

    BalasHapus
  4. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!"

    @Kimol12

    BalasHapus
  5. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @rinicipta

    BalasHapus
  6. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @Larasta_

    BalasHapus
  7. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!

    @sitasiska95

    BalasHapus
  8. "AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @rina_tha

    BalasHapus

  9. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @haidarohsholeh

    BalasHapus
  10. "AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMA, DONG. MENANGIN AKU YA!"

    @Lutfianashofi

    BalasHapus
  11. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @twidiw

    BalasHapus
  12. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @ishavanisa

    BalasHapus
  13. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!

    @usupsupriyadi_

    BalasHapus
  14. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”
    @yulimustofa15

    BalasHapus
  15. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @mrtlrhmi_

    BalasHapus
  16. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!

    @dinan_wiyantika

    BalasHapus
  17. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!

    @PidaAlandrian92

    BalasHapus
  18. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @Afiffah95

    BalasHapus

  19. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @frdliash

    BalasHapus
  20. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”
    @deradevalina

    BalasHapus
  21. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @monicaindah5

    BalasHapus
  22. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!

    @fira_yoopies

    BalasHapus
  23. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @kikinant_

    BalasHapus
  24. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @erlinanurochman

    BalasHapus
  25. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @juliakartika326

    BalasHapus
  26. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!


    @marfaumi

    BalasHapus
  27. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!

    @itsanitakprtw

    BalasHapus
  28. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!

    @widyayu15

    BalasHapus
  29. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!

    @ccchhy

    BalasHapus
  30. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!

    @DiddySyaputra

    BalasHapus
  31. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @nunaalia

    BalasHapus
  32. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!

    @btgmr

    BalasHapus
  33. "AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”


    @buiyeomi

    BalasHapus
  34. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”
    @lannylainy

    BalasHapus
  35. "AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!"
    @rohaenah1

    BalasHapus
  36. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!

    @triharyani95

    BalasHapus
  37. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @HamdatunNupus

    BalasHapus
  38. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!

    @junabei

    BalasHapus
  39. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!

    @murniaya

    BalasHapus
  40. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @womomfey

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA! :) :)

    @adelia_areny

    BalasHapus
  43. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!

    @alyanishab

    BalasHapus
  44. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    akun twitter ; @farida_271

    BalasHapus

  45. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @VeniNurA

    BalasHapus
  46. "AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    Akun Twitter:@ayu_vero29

    BalasHapus
  47. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”
    @jeruknipisanget

    BalasHapus
  48. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @richoiko

    BalasHapus
  49. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @Anaao98

    BalasHapus
  50. AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!
    (@DiasShinta)

    BalasHapus
  51. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @Arthms12

    BalasHapus
  52. “AKU MAU NOVEL CARISA DAN KIANA DARI NISA RAHMAH, DONG. MENANGIN AKU YA!”

    @justlynn23

    BalasHapus