Senin, 22 Februari 2016

[Book Quotes] Pulang by Tere Liye



Halo teman pembaca semua!

Beberapa waktu yang lalu, akhirnya aku bisa menunaikan hakku untuk membeli salah satu buku Tere Liye berjudul ‘PULANG’. Dari dulu, aku memang menginginkan buku ini. Pertama kali melihat covernya, aku sudah sangat tertarik. Selain itu, siapa sih yang nggak kenal Tere Liye? Salah satu penulis top Indonesia yang semua karya selalu best seller? Beliau adalah sosok yang low profile atau tidak begitu mempublikasikan kepribadiannya ke khalayak umum. Namun, di balik semua itu, beliau adalah salah satu penulis yang produktif dalam menghasilkan karya. Terbukti kini buku-buku tulisannya sudah berjumlah sekitar 20 buku. Yang terakhir terbit ini adalah ‘Hujan’. Nah, sedikit cerita, kemarin aku juga sempat beli buku Tere Liye yang lain, yaitu ‘Rindu’ dan Hujan’. Tapi, bukan untuk diri sendiri sih, melainkan untuk hadiah ulang tahun temanku. Dia sangat mengidolakan sosok Tere Liye dan kebetuluan juga sangat mengidam-idamkan kedua buku itu. Jadi, aku rasa tidak salah jika aku memberikannya dua buku impiannya itu, hehe.

Selain ‘Pulang’, aku sebenarnya juga tertarik dengan seri ‘Bumi’. Di mana novel Bumi menjadi novel pertama di seri tersebut. Kemudian menyusul novel ‘Bulan’ sebagai sekuelnya. Dan, kabarnya di tahun 2016 ini akan kembali terbit buku ketiga dari seri ‘Bumi’ yang berjudul ‘Matahari’. Wahh, keren sekali kan? Sudah kutulis di atas tadi bahwa Tere Liye adalah salah seorang penulis yang produktif. Kabarnya juga, dalam seri ini pula, Tere Liye pertama kali menulis genre fantasi. Whooaaa… gimana nggak kepincut tuh? Aku aja mau beli, tapi kayaknya nunggu yang ‘Matahari’ terbit dulu deh. Alasan lain sebenarnya juga karena kondisi dompet sih, hakhak. Maklum, namanya juga pelajar. Banyak hal berkaitan dengan uang yang harus diprioritaskan pula. Jadi, harus pinter-pinter membagi uang.


Tapi, kali ini aku nggak akan berbagi tips cara mudah membagi uang. Bukan, bukan untuk itu. Karena aku sendiri pun pada dasarnya juga masih belum bisa membagi uangku dengan baik. Hasrat selalu menguasai kalau punya uang banyak, hakhak. Kali ini, aku ingin berbagi beberapa quotes penuh makna yang ada di buku ‘Pulang’ Tere Liye. Nggak banyak sebenarnya, cuman quotes-quotes ini penuh akan makna. Kalian bisa meresapinya nanti. Sebenarnya, ada beberapa quotes yang sebenarnya sudah aku tulis di review Pulang, tapi nggak masalah lah. Cuma dikit kok, yang selebihnya aku tulis di sini.

Pastikan mata kamu sedang tidak mengantuk, pastikan telinga kamu gak tersumbat kotoran. Karena, akan kutuliskan satu persatu kutipan menarik di buku Pulang…..

“….Agar besok lusa, jika hitam seluruh hidupmu, hitam seluruh hatimu, kau tetap punya satu titik putih, dan semoga itu berguna. Memanggilmu pulang.”
Hlm. 24

*

“Ingat Bujang, Jika kau tidak membunuh mereka lebih dulu, maka mereka akan membunuhmu lebih awal. Pertempuran adalah pertempuran. Tidak ada ampun. Jangan ragu walau sehelai benang.”
Hlm. 153

*

“Bahwa kesetiaan terbaik adalah pada prinsip-prinsip hidup, bukan pada yang lain.”
Hlm. 187-188

*

“Penyerangan apa pun yang tidak berhasil menghabisi kita, justru akan membuat kita semakin kuat. Penyerbuan apa pun yang tidak berhasil membenamkan kita, justru akan membuat kita berdiri semakin tegak.”
-Tauke Besar-

*

“Aku tahu kau tetap penasaran tentang banyak hal, karena kau dibesarkan dengan rasionalitas. Tapi saat kau tiba pada titik itu, maka kau akan mengerti dengan sendirinya. Itu perjalanan yang tidak mudah, Bujang. Kau harus mengalahkan banyak hal. Bukan musuh-musuhmu, tapi dirimu sendiri, menaklukan monster yang ada pada dirimu. Sejatinya dalam hidup ini, kita tidak pernah bersuaha mengalahkan orang lain, dan itu sama sekali tidak perlu. Kita cukup mengalahkan diri sendiri. Egoisme. Ketidakpedulian. Ambisi. Rasa takut. Pertanyaan. Keraguan. Sekali kau bisa menang dalam pertempuran itu, maka pertempuran lainnya akan mudah saja.”
Hlm. 219

*
Ini salah satu kutipan menarik di novel PULANG

“Hidup ini adalah perjalanan panjang dan tidak selalu mulus. Pada hari ke berapa dan pada jam ke berapa, kita tidak pernah tahu, rasa sakit apa yang harus kita lalui. Kita tidak tahu kapan hidup akan membanting kita dalam sekali, membuat terduduk untuk kemudian memaksa kita mengambil keputusan. Satu-dua keputusan itu membuat kita bangga, sedangkan sisanya lebih banyak menghasilkan penyesalan.”
Hlm. 262

*

“….semua orang bisa berkhianat, Bujang. Jika dia memiliki motif dan kesempatan, dia akan melakukannya. Kau harus selalu waspada.”
Hlm. 264

*

“Bersabarlah, maka gunung-gunung akan luruh dengan sendirinya, lautan akan kering. Biarkan waktu menghabisi semuanya.”
Hlm. 288

*

“Peluklah semuanya, Agam. Peluk erat-erat. Dekap seluruh kebencian itu. Hanya itu cara agar hatimu damai, Nak. Semua pertanyaan, semua keraguan, semua kecemasan, semua kenangan masa lalu, peluklah mereka erat-erat. Tidak perlu disesali, tidak perlu membenci, buat apa? Bukankah kita selalu bisa melihat hari yang indah meski di hari terburuk sekalipun?”
Hlm. 339

*

“Sepanjang kita mau melihatnya, maka kita selalu bisa menyaksikan masih ada hal indah di hari paling buruk sekalipun.”
Hlm. 340

*

"Ketahuilah, Nak, hidup ini tidak pernah tentang mengalahkan siapa pun. Hidup ini hanya tentang kedamaian di hatimu. Saat kau mampu berdamai, maka saat itulah kau telah memenangkan seluruh pertempuran.”
Hlm. 340

*

“Jangan ragu walau sejengkal, jangan takut walai sebenang.”
Hlm. 344

*

“Akan selalu ada hari-hari menyakitkan dan kita tidak tahu kapan hari itu menghantam kita. Tapi akan selalu ada hari-hari berikutnya, memulai bab yang baru bersama matahari terbit.”
Hlm. 345

*

“Sungguh, sejauh apa pun kehidupan menyesatkan, segelap apa pun hitamnya jalan yang kutempuh, Tuhan selalu memanggil kami untuk pulang.”
Hlm. 400

*

“Bisikkan nama si Babi Hutan di telinga mereka, maka orang-orang akan gemetar ketakutan. Suruh Si Babi Hutan bicara, bahkan presiden pun akan terdiam mendengarkan”
-Bujang, Si Babi Hutan-

***

Nah, di atas itu tadi adalah beberapa quotes atau kutipan menarik di novel Tere Liye yang berjudul PULANG. Selamat meresapi!

Terima kasih!

1 komentar: