Sabtu, 15 April 2017

[BBI HUT 6] Ini Dia 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Baca Buku!


Halo teman-teman! Akhirnya, kita sampai juga di hari terakhir posting marathon. Sekarang, di hari terakhir ini, aku akan kembali mempersembahkan satu artikel untuk kalian! Yeeaayy ~


Rasanya senang sekali, karena 5 hari belakangan ini aku bisa ikut meramaikan HUT BBI yang keenam meski sedang menjalani UNBK. Awalnya sih, memang memutuskan untuk tidak ikut serta di posting marathon ini. Tahu sendiri kan, seperti apa sibuknya seorang pelajar yang sedang menjalani ujian? Tapi setelah dipikir-pikir, kok rasanya nggak lengkap gitu ya kalau nggak ikut? Mengingat, dulu keinginanku untuk gabung BBI besar banget. So, sesibuk apa pun, aku akhirnya memutuskan untuk mencuri kesempatan guna menulis beberapa artikel di BBI HUT 6 ini.

Setelah kemarin kalian membaca artikel tentang Tips dan/ Pengalaman Seorang Pembaca, kali ini aku hadir dengan tema baru, yaitu ‘Serba Serbi Buku/All About Books’. Lantas, artikel apakah yang sudah aku tulis di tema kali ini?

Yuupp!! Artikel kali ini akan berisi tentang ‘6 Alasan Kenapa Kamu Harus Baca Buku!’. Kira-kira, kenapa sih buku itu penting banget untuk kita baca? Bukannya lebih seru kalau waktu kita gunain untuk main sama teman, daripada baca buku yang ngebosenin?

Nah, untuk menjawab pertanyaan kalian tersebut, yuk mari kita lihat saja, ini dia beberapa alasan kenapa kamu harus baca buku!


1.    Baca Buku Bisa Bikin Lo Keliling Dunia Tanpa Harus Beranjak Tempat dan Keluar  Duit Banyak!

Banyak yang beranggapan bahwa konten yang terkandung dalam sebuah buku cenderung mengarah kepada hal-hal yang berbau ilmu pengetahuan, keakademisan, mau pun konten-konten lain yang dianggap berat dan membosankan untuk dibaca. Namun, jika kalian membuka mata lebih lebar, maka sesungguhnya, arti riil dari isi sebuah buku tidak hanya terkait persoalan itu saja.  Sama seperti bumi, buku memiliki jangkauan luas yang menyimpan banyak cerita dan keberagaman di tiap sudutnya. Sekarang, buang jauh-jauh pikiran kalian tentang buku yang dipenuhi dengan berbagai macam rumus di dalamnya, atau buku yang setiap halamannya dijejali deret-deret angka yang menyebalkan.

Karena sesungguhnya, ada banyak buku yang di dalamnya menawarkan isi menarik. Seperti halnya buku-buku travelling, novel yang menonjolkan keberagaman latar tempat, dan lain-lain. Di dalamnya, kalian akan dimanjakan dengan berbagai macam spot-spot menarik di banyak penjuru dunia, baik dalam atau pun luar negeri. Meski tidak menginjakkan kaki di sana secara langsung, namun kalian pasti akan tahu seperti apa dan bagaimana sejarah, keadaan, dan fasilitas yang ditawarkan di tempat tersebut.

Selain bisa tahu tanpa beranjak tempat, kita juga bisa hemat uang. Karena sesungguhnya travelling ke luar negeri mau pun dalam negeri juga membutuhkan banyak biaya. Namun hal itu tidak terjadi jika kalian memiliki alternatif lain, yaitu berwisata lewat buku. Bukankah itu sangat menyenangkan? Hal itu pun akan sangat membantu jika kalian sedang bersama teman sepergaulan kalian, yang kebetulan saat itu tengah membicarakan tentang berbagai destinasi menarik di dunia. Tentu kalian tidak akan tinggal diam dan bisa bercerita tentang apa yang sudah kalian ketahui. Psssttt… pasti teman-teman kalian akan iri!


LU IRI YAA??? 

2.    Baca Buku Bisa Bikin Lo Baper Abis-Abisan Meski Nggak Punya Pacar!

Pernah nggak sih kalian lihat orang yang lagi baca buku, tapi tiba-tiba dia nangis, ketawa, atau senang sendiri? Nah, asal kalian tahu, itulah alasan selanjutnya kenapa kalian harus baca buku.

Cerita yang dikemas dan disampaikan dengan sepenuh jiwa dan dibumbui emosi, pastilah akan memengaruhi orang yang membacanya. Seperti misal, novel yang menyajikan adegan romantis—yang disampaikan dengan sangat baik oleh penulisnya—tentu akan memengaruhi perasaan dari orang yang membacanya. Entah orang itu ikut senang seperti yang dirasakan tokoh dalam novel, atau mungkin kegeeran—nganggap adegan romantis itu terjadi pada dirinya sendiri. Dan kondisi seperti ini pun bisa dirasakan oleh setiap orang, bahkan untuk mereka yang…. psstttt… nggak punya pacar, haha.

Tapi memang, kalian jika ingin baper abis-abisan, nggak perlu repot-repot cari pacar deh. Lagian, belum tentu juga kan ada yang mau sama kalian? Whoahahaha! Ok, jadi kalau kalian mau baper tanpa harus punya pacar, mending langsung aja pergi ke toko buku dan ambil satu, dua atau tiga buku yang menurut kalian bagus—dan bisa bikin baper tentunya.


CERITANYA SI TWEETY LAGI BAPER!!! 

3.   Di Sela-Sela Kebaperan, Lo juga Bisa Mendapatkan Banyak Wawasan yang Belum Diketahui!

Eits, jangan keterusan baper ya, karena dalam sebuah buku, khususnya novel, kalian juga bisa menemukan banyak ilmu pengetahuan. Sssttt jangan rame dulu. Ini bukan ilmu pengetahuan yang ngebosenin seperti yang kalian duga kok. Tapi biasanya, dalam sebuah buku, khususnya novel, yang umumnya bersifat menghibur, banyak sekali terselip satu dua pengetahuan yang dapat menambah wawasan kita. Singkatnya, novel tidak hanya berfungsi sebagai sarana rekreatif, melainkan juga sarana edukatif.

Dalam novel, biasanya sisi edukatifnya disampaikan dengan cara yang asyik, bersamaan dengan konflik-konflik yang menarik dan karakter tokohnya yang juga nyentrik. Jadi, kita tidak akan menemukan kebosanan saat membacanya. Intinya, novel atau buku-buku hiburan lainnya, mempunyai cara yang asyik untuk kita bisa belajar.

4.    Lo Bisa Belajar untuk Menyelesaikan Masalah Hidup Lo Sendiri!

Buku-buku yang bersifat hiburan seperti komik, novel, dan lain-lain, meski pada dasarnya adalah fiktif, namun tetap saja isi yang tersirat di dalamnya mengusung kerealistisan. Sebut saja konflik-konflik yang ada dalam sebuah novel. Meski pelakon yang ada dalam cerita tersebut fiktif, dan tidak benar-benar ada di dunia nyata, namun konflik yang diangkat tentulah realistis. Dalam arti, konflik tersebut benar-benar ada dalam masyarakat dan banyak terjadi di sekeliling kita.

Jadi saat kita membaca sebuah novel lengkap dengan konflik di dalamnya, maka secara tidak langsung kita juga turut memahami bagaimana konflik tersebut diselesaikan. Lalu, apa hubungannya dengan masalah hidup kita sehari-hari? Hubungannya adalah, kita bisa  belajar dari novel tentang bagaimana menyelesaikan konflik atau pun permasalahan hidup. Karena tak jarang juga, konflik yang kita hadapi bisa memiliki kemiripan atau bahkan sama persis dengan apa yang ada di dalam sebuah novel atau cerita. Dan dari situ, kita bisa menemukan sedikit jalan untuk menyelesaikan masalah kita sendiri.

5.    Lo Bisa Sadar Kalau Kehidupan juga Ada Akhir Ceritanya!

Kebanyakan manusia yang hidup di dunia ini memiliki sifat hedonis—serba mementingkan urusan duniawi tanpa menomorsatukan urusan akhirat (weseeeetttt sok banget ya gue hahahah). Tapi emang bener sih. Sekarang ini, lebih banyak mana coba, orang yang beriman atau orang yang b*jing*n? Tentu lebih banyak yang nomor 2 kan? Orang-orang tersebut seakan gak tahu—atau mungkin pura-pura nggak tahu—kalau kehidupan sangatlah singkat dan akan ada akhir ceritanya.

Tapi jika kalian sering membaca buku atau novel, pasti kalian akan sadar bahwa kehidupan adalah sebuah perjalanan singkat yang kapan saja bisa berakhir. Bisa berakhir dengan baik, bahkan bisa pula kurang baik. Tidak ingin kan kehidupan kalian berakhir dengan cara yang sangat tidak diinginkan? Maka dari itu, bukalah mata dan sadarlah.

6.    Semakin Seringnya Lo Baca Buku, Maka Semakin Sering pula Lo Nggak Keluyuran. Dan Itu Artinya, EMAK LO GAK AKAN MARAAAH!

Semakin seringnya kita baca buku, maka secara otomatis waktu kita untuk keluyuran juga berkurang drastis. Umumnya, para emak-emak di luar sana banyak yang mengeluhkan tentang tingkah polah anak mereka yang nggak karuan dan suka keluyuran tanpa kenal waktu. Tapi hal itu bisa diatasi dengan kita mulai rajin membaca buku. Membaca buku, jika kita sudah asyik dan merasa nyaman, maka kita nggak akan sadar kalau waktu kita sudah banyak yang terpakai, dan itu artinya kesempatan kita untuk keluyuran jadi lebih kecil. Dengan buku, kita lebih memilih untuk di rumah dan berduaan dengan buku yang kita baca.

Dan kalian tahu apa hikmah terbesar dari semua itu? Jawabannya adalah, ini dia…


EDIT NDIRI LOOH! HIHI 


EMAK LO GAK AKAN MARAH MARAH LAGI! UYYEEEEEE ~

*PS: Jangan lupa juga untuk berkunjung ke artikel-artikel yang aku tulis dalam rangka BBI HUT 6 berikut ini:

6.     Ini Dia 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Baca Buku!

8 komentar:

  1. Wkwkwkwk kalau aku suka keluyuran sambil baca buku, biar keren lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiiihh pasti orang-orang nyangkanya: anak pinter nih! Hahaha

      Hapus
  2. Kamu masih sibuk belajar di minggu ujian?

    Kerjaanku pas ujian dulu cuma makan, tidur, nonton tv, sama bikin blog. Anti banget belajar pas udah hari H wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Wen, karna minggu sebelum ujian itu menurutku ga efektif banget. Dan paling nyaman belajar ya pas hari H nya. Aku ujian juga banyakan santai2nya kok wkwkwk

      Hapus
  3. Trus yg pny blog ini teep cari pacar atau msh jomlo? :p #ehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya Anda sudah tahu jawabannya hahahaha

      Hapus
  4. wah,,, bener banget nih, semua hal tadi udah gwa rasakan hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya sudah berkunjung :)

      Hapus