Rabu, 30 November 2016

[BLOGTOUR & GIVEAWAY] The Tomboy Teacher - Madame Lea



Judul : The Tomboy Teacher
Penulis : Madame Lea
Tahun terbit : Agustus 2016
Tebal : 372 hlm
Kategori : Novel Romance Comedy
Penerbit : Buku Oryzaee
ISBN : 978 – 602 – 746 – 951 – 8 


Blurb:

Leandra Anastasya Priambodo, gadis berusia 23 tahun yang harus kabur dari rumah dan menjadi seorang guru bahasa Prancis di sebuah SMA swasta. Pekerjaan yang menantang buat seorang Lea. Tak ada yang aneh. 

Memang ... hanya saja Lea terkenal tomboy, pecicilan, aneh, dan harus difosilkan. Nggak ada kan guru yang tomboy? Gak ada kan guru yang pecicilan? Apalagi Lea selalu dikelilingi teman laki-laki yang selalu saja menghalaunya untuk menjadi seorang perempuan sejati.

Arkansas Arent Panji Wihardjo, laki-laki berusia 27 tahun yang terkenal dingin, galak dan bossy. Seorang CEO di perusahaan keluarga yang bergerak di bidang industri. Meyakini bahwa selalu apes dalam menemukan cinta. Semua dengan embel-embel harta. Semua dengan embel-embel kekuasaan.

Nah apa jadinya kalo seorang Leandra yang tomboy dan pecicilan bertemu dengan Arka yang galak dan bossy?

Terjadi perang dunia kesekian kah?
Atau
Perang-perangan?
Siapa sangka pertemuannya dengan Arka justru menguak sebuah rahasia....

***

Mungkin, Leandra Anastasia Priambodo, atau yang kerap disapa Lea memang sudah ditakdirkan untuk selalu bernasib apes. Setelah kemarin ia tak sengaja menyerempet mobil milik seorang pemuda tampan nan kaku yang bernama Arka, dan membayar ganti rugi, kini ia harus rela meluangkan banyak waktu untuk menjadi guru les privat di rumah salah seorang muridnya, Maura. Sebenarnya, bukan karena tugas tersebut yang membebaninya, melainkan setelah ia tahu bahwa Maura merupakan adik Arka—laki-laki pemilik mobil yang sempat ia serempet.

Sifat Arka yang cenderung kaku dan kurang bersahabat, mau tak mau membuat Lea harus ekstra sabar selama mengajari Maura. Tapi di lain sisi, Lea sebenarnya juga enggan untuk beranjak dari rumah itu. Apalagi kalau bukan karena ketampanan Arka yang membuatnya tak berdaya. Namun, sebagai seorang guru, ia harus menjaga harga dirinya. Jangan sampai seorang pun tahu bahwa Lea memanfaatkan waktu di rumah Lea tidak hanya untuk mengajar, tapi juga untuk mengagumi ketampanan Arka. Jangan sampai!

Sifat Lea yang pecicilan dan nggak bisa diam sering kali memancing rasa penasaran Arka. Rasa penasaran tersebut ia jawab dengan mengikuti kelas mengajar yang ada di kamar Maura. Meski harus menahan kebosanan, namun Arka merasa puas hanya dengan melihat Lea yang salah tingkah. Berawal dari situ, kini sifat kaku Arka terhadap Lea mulai mencair. Buktinya, Arka rela satu mobil bersama guru pecicilan itu dan bersedia mengantarnya ke apartemen.

Singkat kata, kini Arka dan Lea udah kayak lendir sama lubang hidung. Lengket satu sama lain. Tapi, terlepas dari itu, masa lalu tentang keluarga Lea terus membayanginya. Terutama setelah kemunculan Annete, kakak Lea yang kerap bertindak kasar. Menyeretnya ke dalam pusaran masalah yang mungkin saja akan mengubah semuanya. Terutama, hubungannya dengan Arka.

Sebagai seorang guru yang pecicilan, kini mental dan batin Lea tengah diuji. Lantas, mampukah Lea menghadapi semuanya? Dan, bagaimana pula kelangsungan hubungannya dengan Arka?

***

The Tomboy Teacher adalah sebuah novel debut dari Kak Andri/Madame Lea. Dan uniknya, nama/panggilan tokoh utamanya di sini juga sama, Madame Lea, hehe. Berbicara tentang novel debut, sudah pasti tidak akan lepas dari kelebihan dan kekurangan. Namun, sejauh yang aku dapat, adalah suatu hal yang bagus ketika mengetahui bahwa buku ini lebih memiliki banyak kelebihan, setidaknya menurutku. Pertama, aku sangat suka sekali dengan gaya bercerita yang penulis gunakan dalam novel ini. Ringan, santai, dan sederhana. Tipe bacaan yang sangat tidak menguras otak, dan cocok dibaca siapa pun. Bahasanya pun tidak seluruhnya baku. Terdapat beberapa penggalan kata atau kalimat non baku yang menyelingi buku ini. Kenyataan ini semakin menguatkan kesan tentang betapa ringannya buku ini. Pun aku rasa juga relevan dengan tema yang dihadirkan. Dengan tokoh utamanya yang digambarkan sangat pecicilan, sangat cocok sekali jika didukung dengan tokoh lain yang berwatak serupa dan penyusunan dialog mau pun narasinya yang nyantai.

Tokoh-tokoh lain dan karakternya yang terkesan blak-blakan menurutku juga sangat memiliki pengaruh tersendiri dalam membuat pembaca tidak jenuh. Meski aku bilang jika tokohnya terlalu banyak, dan sulit bagiku untuk mengingat mereka satu persatu, namun masing-masing memiliki peran—yang meski hanya sepintas—namun tetap bisa menjadi lebih cairkan suasana di dalamnya. Seperti Hana, Maura, dan teman-teman Lea yang lain. Selain itu, karena selera humor orang berbeda-beda, secara langsung hal ini juga membuat pembaca—termasuk saya—merasa ada beberapa candaan yang kurang ngena namun ada juga yang bahkan bikin ngakak. Tidak perlu dipermasalahkan sebenarnya, karena dengan ketebalan hampir mencapai 400 halaman, saya tidak sepenuhnya jenuh dengan isi buku ini. Banyak sekali part atau bagian yang sayang jika tidak ditertawakan. Bahkan aku sempat mendapat pandangan aneh dari beberapa teman sekelas saat melihatku tertawa sendiri membaca buku ini. Gemas dengan tingkah polah tokohnya, terutama Lea. Favorit banget!

Untuk tokoh utamanya, Lea, benar-benar menjadi favoritku selama cerita berlangsung. Terutama dari sikap dan karakternya yang pecicilan itu. Sebagai seorang guru, aku tak habis pikir akan menemui guru dengan model seperti ini. Pecicilan, nyablak, ABEGEH, kadang juga kenak-kanakan, dan agresif. Duh, aku sampai nggak berhenti dibuat ngakak ketika melihat bagaimana Lea mengungkapkan kekagumannya dalam hati tentang betapa gantengnya Arka. Agresif sekali, duh tipe cewek penggoda banget, hahahaha. Terkadang pikirannya pun ngelantur, bayangin hal yang enggak-enggak. Untung di sini Lea nggak dibikin berhijab. Kalau iya, benar-benar gagal deh niatnya berhijab, hehe. Selain itu, kebiasaannya yang suka mainin pusar orang waktu tidur, bikin lebih ngakak lagi. Apalagi, ada satu adegan yang melihat kebiasaan unik Lea tersebut. Nggak habis pikir deh pokoknya. Geli iya, seru juga iya, hihi.

Namun sayangnya, dari segi layout buku ini memiliki kekurangan. Ada beberapa halaman yang tulisannya tidak tercetak sempurna dan tidak bisa dibaca. Seperti halaman 132—kalimatnya saling tindih—halaman 144—kalimatnya tidak jelas dan beberapa ada yang hilang. Hal tersebut cukup mengangguku ketika membaca. Bagaimana tidak, hampir satu paragraf tidak dapat terbaca. Untuk ke depannya atau jika buku ini cetak lagi, semoga tim penerbit bisa lebih memperbaiknya sehingga kekurangan tersebut tidak lagi mengganggu pembaca.

Secara keseluruhan, buku ini worth to read by everyone. Ceritanya menarik, seru, menghibur, dan yang pasti, kamu nggak akan absen untuk ketawa. Selagi masih muda, kenapa pula tidak tertawa? Salah satunya adalah dengan membaca The Tomboy Teacher…

G I V E A W A Y !

               
                Hai, di Giveaway kali ini, akan ada DUA EKS Novel The Tomboy Teacher yang akan dibagikan loh!

                Hayo, pasti pada tertarik? Ikutan ya!

Simak rules-nya berikut ini dan cermati baik-baik:

1.      Pastikan kamu orang asli Indonesia
2.      Follow Twitter @andri_novi86 dan @bukuoryzaee (wajib) dan @Bintang_Ach (sunah)
3.      Follow blog ini via Google Friend Connect / GFC (ada di sidebar kanan)
4.  Share/bagikan tautan Giveaway ini di Twitter: Mention ketiga akun di atas, dengan hastag #TheTomboyTeacher
5.       Untuk Giveaway-nya, silakan simak dan perhatikan gambar ini!


Gambar di atas merupakan kebersamaan saya & teman-teman sekelas  dengan 
salah satu guru yang pernah menjadi wali kelas kami. 
Namanya Bu Ammia Pramayasti.

Pertanyaannya: Dari semua siswa yang terlihat, 
kira-kira yang manakah saya? 

6.   Kali ini, pemenang TIDAK SAYA TENTUKAN BERDASARKAN JAWABAN YANG BENAR. Jadi, terserah kalian mau jawab apa pun. Aku cuma ingin lihat antusiasme kalian dan ingin tahu seberapa besar kalian mengenal wajah saya, wkwkwkwk!
7.    Semua peserta yang berpartisipasi akan saya undi lewat random. Jadi, semua peserta memiliki kesempatan menang yang sama. Ingat, dua pemenang ya. Semakin besar kan peluangnya?
8.      Giveaway berlangsung sampai tanggal 4 Desember 2016.
9.      Semoga keberuntungan ada padamu, ya!


48 komentar:

  1. Wakaka pertanyaannya:')
    Itu yang pake baju putih, ada garis biru-biru dari bagian leher sampai lengan bajunya. Senyumnya paling lebar wkwk berjenis kelamin laki-laki (ini bagian paling-paling harus diingat, soalnya banyak yang salah manggil Mbak). Dan bisa disimpulkan dari semua anak laki-laki di atas sana, cuma Bintang yang bajunya beda sendiri


    @fira_yoopies

    BalasHapus
  2. Nama : Nurma Desty Anggraeni
    Twitter : @KappaOsuzu
    Jawaban : Satu-satunya cowok berisi yang pakai baju putih :D

    BalasHapus
  3. @keyminoz

    Pertanyaannya: Dari semua siswa yang terlihat, kira-kira yang manakah saya?
    Jawaban : Yg pake kaos putih ada birunya dikit.

    BalasHapus
  4. @rohaenah1
    Jawaban: yg beda sendiri cowok pake seragam olahraga bukan ya itu. Kaos putih ada garis birunya. Yg lain cowok kan seragam pramuka.

    BalasHapus
  5. Nama: Lina Ernawati
    Twitter: @Linaernaw

    Jawaban: yang cowok, yang beda sendiri yang agak gemuk, yang pake kaos putih ada garis birunyaaaπŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  6. nama : wulaningtyastuty
    twitter : @tyas_ning

    yang cowok pake kaos warna putih ada garis birunya terus berdiri diantara dua mbak mbak berkerudung item sama yang satunya warna coklat apa item itu aku nggak paham πŸ˜…

    BalasHapus
  7. @dust_pain

    dari penerawanganku kamu itu cowok yang lagi senyum ke arah kamera dan pakai kaos putih ada garis biru2nya. cuma satu yang pakai kaos itu. aku yakin itu kamu xDD

    BalasHapus
  8. Akun Twitter: @nurulastrirmdn

    Asal tebak ya! Cowok, pakai baju putih. Lagi senyum lebar liat kamera. Entah kenapa, bisa langsung nebak itu. Soalnya yang lain... Setipe, beda sama yang baju putih itu, agak keliatan kalemπŸ˜…

    BalasHapus
  9. @PidaAlandrian92

    Itu loh cowok yang berseragam putih yang senyumnya itu ngalahin iklan senyum di Pepsodent. sampe2 aku nya silau ngelihatnya ;)


    Masaan sm Bintang nggak kenal, kan Bintang selalu bersinar tuh dilangit di waktu malam hari. kayak yg di foto. Sinarnya Bintang mah paling bersinar, yg lain mah numpang lewat.

    Hahahaha..
    (Semoga nggak ada yg tersinggung yaa Bin dgn jawabanku ;)

    BalasHapus
  10. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/803872917930917889

    Jawaban:
    Satu-satunya cowok yang pake kaos olah raga warna putih. Plus kayaknya yang paling tambun deh. Hehe, Just kidding....

    BalasHapus
  11. twitter: @nunaalia
    jawaban: satu-satunya cowok yg pakai kaos putih garis biru, yg paling ganteng tuh wkwkwkww :D

    BalasHapus
  12. Twitter:@Dini_Auliana28

    Jawaban: Bintang itu yang pakai kaos garis biru dibagian lengan. Yang badannya lebih berisi daripada yang lain. Berada ditengah kaum wanita dengan senyum 10 jari. Hehehe.

    BalasHapus
  13. Humaira
    @RaaChoco

    Yang pasti bintang itu cowok (meski awalnya aku kira cewek), dan yang pake baju putih. Cuma ada 1 kan cowok yang pake baju putih, hehehe :D :D

    BalasHapus
  14. @dwitaandhara

    Yang satu-satunya cowok pakai baju putih

    BalasHapus
  15. Nama : Khaerunnisa / @NhisaMinoz75
    hm, setelah saya stalking, Aa Bintang yang memakai baju warna putih berdiri dengan senyum menawannya. Eaaak

    BalasHapus
  16. Twitter : @tiyas_10

    lelaki satu-satunya yang memakai baju olahraga warna putih.

    BalasHapus
  17. @bety_19930114

    Pasti siswa yg lagi mengheningkan cipta itu.. Itu hlo yg menundukkan kepalaπŸ˜‚ *jawaban anti-mainstream*

    BalasHapus
  18. @sitasiska95

    Yang senyum pepsodent depan kamera pake baju olahraga, deket cewek yang pake baju olahraga juga :v

    BalasHapus
  19. @widywenny

    Kalau mau jawaban mainstream, jelas cowok yg pake kaos putih olahraga itu.
    Karena a lebih milih jawaban antimainsetrum, aku jawab kalo bintang yg pake baju korpri dan pake eyeshadow ples pensil alis dan lagi pegang tongsis wkwk *dijedot guru*

    eh ini beneran jawaban salah gapapa kan wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. btw mbak mbak yg pake baju olahraga di sebelahmu tu cantik juga, cocok pun, pacarnya ya? *dilempar keluar ring* *kena penalti*

      Hapus
  20. ‏@NabhilaYasmien
    https://twitter.com/NabhilaYasmien/status/804000092176805888
    kalau dilihat dari foto twitter sih jelas yang paling beda sendiri, yang pake baju olahraga sendiri dan berdiri di tengah kan? iya kan?

    BalasHapus
  21. @dreravios


    Yang paling ganteng diantara cewe-cewe lain wkwk.. *kidding*

    kak Bintang itu yg pake baju putih ada corak birunya, sampingnya cewe pake baju pramuka *emang pake baju pramuka semua yaaa wkwk:D*

    BalasHapus
  22. Akun twitter : @Risyrisyca
    https://twitter.com/Risyrisyca/status/804091249191849984

    Jawabannya : Bintang itu cwo yg menggunakan kaos olahraga yang senyumnya sumringah banget, iya kaan? :D Itu doank yang paling mirip sama pp twitternya bintang :D huehehehe

    BalasHapus
  23. Nama : Tri Widi Wati
    Twitter : @twidiw
    Link : https://twitter.com/twidiw/status/804118257686822912

    ~Bintang itu cowok yang pake baju putih ada garis-garis birunya ( semacem kayak kaos olahraga gitu )
    ~Posisinya bintang itu diapit oleh 2 wanita wkwkwk (yang kiri pake pramuka, yang kanan pake kaos olahraga juga, sama kayak bintang). Didepan bintang juga ada cewek pake pramuka, dan belakangnya ada cowok pake pramuka
    ~ Satu-satunya cowok yang pake baju putih
    ~ Diantara cowok-cowok yang lain cuma bintang yang keliatan bulet.( peace brooo :v cuma keliatannya kok, aslinya mah gaktau hahaha )
    ~ Bintang juga tersenyum lebar, tapi nggak tahu lebarnya berapa centi wkwkw :v
    Ah sudahlaaaah. Maafkan dengan kata-kataku ini :D Jangan diambil hati yaaa, dibikin happy aja heheheh

    BalasHapus
  24. Twitter: @Rinafiitri
    Jawaban: laki-laki, yang pakai baju olahraga warna putih, lagi senyum

    BalasHapus
  25. link share: https://twitter.com/jawarifah/status/804239226652880896
    akun twitter: @jawarifah
    jawaban : cowo yang lagi senyum, beda sama yang lain karena pake kaos olahraga putih

    BalasHapus
  26. Link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/804273804356653056
    Jawaban:
    Cowok pasti, senyum unjuk gigi ke kamera, pake baju olaharaga sendiri beda dari cowok lain yg pada pake pramuka

    BalasHapus
  27. Link share: https://twitter.com/MayaElfianiY/status/804352407131955200
    Jawaban: tebakanku cowok yg bajunya beda (pake baju olahraga) dari cowok lain di foto dan diapit cewek yg pake baju pramuka dan olahraga.

    BalasHapus
  28. Terima kasih karena selama ini kau selalu pakai fotomu di media sosialmu. Jadi sangat mudah mengenalinya haha. Kalau dilihat dari ukuran tubuh dan model rambut sih udah pasti cowok yg paling depan pake baju putih di sebelah jilbab hitam. :D

    @murniaya

    BalasHapus
  29. @btgmr

    Kamu itu yang pake baju olahraga putih, trus kepala kamu lagi diendus-endus oleh teman belakangmu yang pake baju pramuka. Mungkin shampo atau pomade yang kamu pake wangi bikin dia naksir haha

    BalasHapus
  30. @Octannow_
    emm..dari hasil pengamatan setelah dulu pernah liat photochallenge the bond sih, kamu yang itu loh, itu itu itu :v
    yang laki-laki, yang madep kamera pake jurus senyum gitu kan, yang pake kaos putih panjang ada biru-birunya, yang berdiri diantara cewek *menangbanyak -_- wuu
    yang agak berisi *ops. Piss kak..
    Aduh, secara gak langsung mah cluenya udah jelas. Seragam beda kaaan.

    BalasHapus
  31. @estiyuliastri

    Bintang itu siswa laki-laki yg pake kaus olahraga putih, yg berdiri di depan siswa yg satu-satunya nundukin kepala, pas diajakin wefie πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  32. Twitter: @Lynlainy17
    Jawaban: yang cowok pakai kaos putih garis biru

    BalasHapus
  33. @adechan18

    Kalau menurut saya, bintang itu yang pakai seragam olahraga, yang di sampingnya cewek pakai baju olahraga juga, dan yang badannya gempal (hehe :D)

    Kerena senyumnya sama seperti yang di foto profil akun google+nya (senyumnya ga berubah ya...)

    BalasHapus
  34. twitter : deverzstyle
    link share : https://mobile.twitter.com/deverzstyle/status/804985246718578688?p=v

    yg paling belakang pokoknya 😁

    BalasHapus
  35. Twitter: @Aim_La27

    Hihi.. Pertanyaannya!
    Kalau menurut pandangan mata aku sih, itu tu laki-laki yang pakai baju putih kayak baju olahraga. Terus badanya agak berisi dibanding anak laki-laki lainnya πŸ˜€

    BalasHapus
  36. Nama:Reza Amelia Putri (Asli Indonesia nih πŸ˜…)
    Akun Twitter: @echa_putrii_
    Link Share:
    https://twitter.com/echa_putrii_/status/805003292350611456?s=09
    Jawaban:
    Bintaaang??
    Kamu di manaaa??
    Biintaaaang??
    Eh. Itu, tuh, yang lagi senyum ke aku.
    Emang Bintang senyum ke aku apa ke kamera yahh?
    Iihh, Bintang kok lucu banget kalo pake baju olahraga yang warnanya putih ada birunya gitu.
    Aku mau dong Bintang. Biar aku sama2 lucu kaya Bintang.
    Duhh, tapi kaya nya udah ada cewek yang bajunya samaan kayak Bintang, deh. Ituuu yang disebelah Bintang, yang pake hijab.
    Itu siapa kamu, Bintang?
    .
    .
    Bye Bye Bintaaang πŸ‘‹πŸ‘‹

    BalasHapus
  37. Link share: https://twitter.com/annsynd/status/805063429958475777
    Jawaban: Kak bin yang pake baju putih kerah biru, deket perempuan yang pake kerudung hitam :D

    BalasHapus
  38. Ikutan ah... sapa tau beruntung karena pake sistem random. Wkwkwkwk

    Bintang itu gak ada di foto karena masih bersembunyi di langit. Nah, klo fotonya malem2 baru deh keliatan di langit ^^ (Apaan sih?!)

    Tebak-tebak buah manggis, pasti Bintang yang paling manis! (Halah!)

    Bintang itu adalah kaum adam satu2nya dalam foto yang sedang mengenakan baju olahraga putih dengan list (garis) biru! Hohohoho. Bener kan hasil penerawanganku? >.<

    Akun twitter: @womomfey
    Link share: https://twitter.com/WoMomFey/status/805207743137071105

    BalasHapus
  39. Nama: Larasati Dwika
    Akun tw: @larasatidwikap
    Link Share: https://twitter.com/Larasatidwikap/status/805274014725738496?s=06


    Jawabnnya harus pake feeling. Kalo situnya cowok, pasti cowok yg beda sendiri dr cowok laennya yg ada dipoto, maksudnya beda itu bajunya loh ya bukan yang laen wkwks pake baju olahraga putih garis2 itu yg badannya agak lumayan gemuk hehe, pake senyum pepsodentnya itu. Sorry nih kalo feeling nya salah wkwk

    BalasHapus
  40. @ainunmarhamah
    https://twitter.com/ainunmarhamah/status/805303748021002240

    Hmm, bismillah...
    Menurutku cowok yg disebelah kiri pake baju warna putih sama ada lace biru dilehernya hehe semoga aja bener dah hahaha goodluck buat semua peserta siapatau dimenangin semua wkwk

    BalasHapus
  41. @flymingo_

    Jawaban : Kak bintang pasti yg pake baju putih garis biru. Soalnya senyum sama gaya rambutnya sama alias nggak berubah kayak foto profil di Google+ πŸ˜‚

    BalasHapus
  42. @_aaaprili


    Kak bintang itu cowok yg pake baju olahraga satu-satunya πŸ˜‰

    BalasHapus
  43. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    JAwaban:

    Yang memakai baju olahraga putih diantara cewek-cewek jelita :D

    BalasHapus
  44. Nama :Lois Ninawati
    Twitter : @_loisninawati

    Jawaban : yang pojok kanan bagian atas

    BalasHapus
  45. Bintang itu yg senyumnya paling cerah kayak iklan pesoden hhaaa. Baju putih, diapit oleh para wanita hahaa

    @widyayu15

    BalasHapus
  46. @rinicipta

    Walaupun belum pernah ketemu, tapi dengan berpedoman ava twitter hebatnya langsung bisa ngenalin Bintang yang mana hahaa..
    Satu-satunya cowok berbaju putih-biru yang berdiri di sisi kiri (di belakang guru, sebelah kanan) dan nyengir lebar ke kamera. Iya kan? Iya kan? :D

    BalasHapus
  47. @ccchhy

    Itu tuh lelaki yg bajunya couple-an putih2 sebelahan sama cewek yg sama2 pake baju putih juga, jilbabnya hitam. Ciyee ciyee jangan2 itu ceweknya yaaaa ahaha~

    BalasHapus