Senin, 10 April 2017

[BBI HUT 6] Yuk Intip Kebiasaan Buruk dan Hal-Hal Memalukan yang Pernah Dilakukan oleh 6 BBI Ers ini!


Halo selamat datang di postingan pertamaku di bulan April!

Kali ini, aku datang dengan kabar gembira, karena Blogger Buku Indonesia (BBI) pada tanggal 13 April nanti resmi berusia 6 tahun. Dan dalam rangka memeriahkan hari jadi BBI yang keenam tersebut, Divisi Event telah menyiapkan beberapa acara—khususnya untuk para BBI Ers—yang seru. Dan salah satunya adalah posting marathon—seperti yang sedang kalian baca ini.


Jadi, dalam enam hari kedepan kalian akan membaca banyak artikel menarik, seru, dan beragam di Ach’s Book Forum—dan juga di blog-blog para BBI Ers lain tentunya. Semuanya ditulis dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun BBI. Dan untuk di blogku sendiri, kalian bisa langsung cek di bagian bawah postingan ini untuk mengetahui list artikel apa saja yang akan aku tayangkan dalam waktu satu minggu ke depan.

And, here it is! The first article for celebrate BBI’s Birthday! Di hari pertama ini, aku mengambil tema ‘Berkenalan dengan BBI Ers Baru’. Dan artikel yang aku tulis untuk tema ini adalah tentang ‘Kebiasaan Buruk dan Hal-Hal Memalukan yang Pernah dilakukan oleh 6 BBI Ers’. Oh ya, agar adil, di bagian akhir nanti, aku juga akan sedikit bercerita tentang kebiasaan buruk dan hal-hal memalukan yang pernah aku lakukan. Umm, kira-kira, bakal seekstrim apa ya pengakuan dari ku?

Nah, pasti kalian penasaran juga kan siapa saja 6 BBI Ers baru yang berhasil aku paksa untuk mengutarakan aibnya ini? Dan kira-kira, apa saja kebiasaan buruk atau hal-hal melakukan yang pernah melakukan lakukan selama ini? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini!


      1.       FITRA AULIANTY


SUMBER: DI SINI 
Halo, aku Fitra Aulianty alias Fira, pemilik blog serba biru-hijau mydreamlandstories.blogspot.com. Umur 20 tahun--masih sangaaaat muda--tapi memilih untuk tidak kuliah karena situasi dan kondisi yang sangat parah. Jangan tanya kegiatanku apa, karena aku sendiri nggak tahu aku lagi apa Tapi sejauh ini aku nekat nyemplung ke dunia literasi dan sedikit paham bahasa sastra (sedikit doang) Dan ya, doain aku bisa nyelesaiin semua draft novelku selama tiga tahun belakangan--karena sebenarnya aku selalu kabur di halaman 40! Aku bisa dihubungi di media sosial facebook, twitter, instagram dengan mengetikkan Fitra Aulianty di mesin pencarian. Namaku only one di semua media itu (sejauh 2017 ini)

Bicara mengenai kebiasaan buruk. Sebenarnya aku nggak mau mengingat-ingat kenangan memalukan ini, karena sesungguhnya kurasa hati ini retak bila mengingatnya. (alay kumat). Jadi pertama, aku hobi alay pada orang terdekat. Sampai-sampai setelah puas alay, aku ketawa ngakak, dan pikir sendiri wajah-wajah yang menyadari kealayan tiba-tiba ini. Lalu ada satu kejadian memalukan yang saking malunya aku udah lumayan lupa. Jadi waktu itu di perpustakaan ada hapalan--lupa hapalan apa. Aku udah hapal seluruh isi kertas itu, dan tibalah giliran maju. Tahu apa yang terjadi? Blank total! Nggak ingat apa pun yang udah dihapal setelah maju ke depan. Alhasil teman semejaku yang jadinya bisik-bisik 'menuntun' otak ini untuk mengucapkan yang dihapal, tapi ya aku tetap nggak ingat. Amnesia dadakan gitu sepertinya

      2.     PUJI P. RAHAYU


SUMBER: DI SINI 
Aloha, Bintang dan pembaca Ach's Book Forum. Kebetulan aku disuruh Bintang untuk lagi-lagi menginvansi kembali postingan Bintang. Hoho. Perkenalkan kembali, namaku Puji P. Rahayu, seorang mahasiswi semester enam yang tinggal di Depok. Aslinya sih dari Malang. Aku bisa dikunjungi di prayrahayusbook.blogspot.co.id. Belum se-hitz bloger lain sih, tapi bolehlah mampir meski sebentar. Hehe. Hem, kebiasaan buruk, ya? Err, sebenernya banyak banget. Cuma, yang paling sering banget aku lakuin adalah, aku sering banget ngeberantakin meja belajar aku sendiri. Dalam artian, aku tuh sebenernya nggak suka hal-hal yang berantakan, tapi aku sendiri yang malah ngeberantakin meja. Terus, aku punya kebiasaan tidur malam. Deuh, ini nggak baik banget emang. Tapi mungkin bawaan mahasiswa kali, ya. Jadinya, gitu. Pasti tidur di atas jam 12 malam. Heuf. 

Kalau pengalaman memalukan sendiri, aku akan ambil pengalamanku waktu ada kegiatan di Riau. Jadi, dari UKM kampusku, ada yang namanya kegiatan penelitian daerah. tahun 2016 kemarin, kita berkunjung ke Riau. Waktu di sana, dari pihak kecamatan meminta kita untuk membuat suatu pertunjukan kecil. Sialnya, aku malah menjerumuskan diri sendiri dengan memeragakan teatrikal dari musikalisasi puisi yang dibawakan oleh temenku. Yang bikin malu adalah, itu kulakukan sendiri dan pada akhirnya aku jadi kayak orang gila. Bahkan, keesokan harinya pun aku dikenal sebagai, "Ehm, Akak kemarin yang lempar-lempar buku itu, ya?" Hadeuh. Malu banget saya. Apalagi itu pertunjukan ditonton seluruh warga desa dan kecamatan. Rasanya pengin tutup muka aja kalau lewat.

       3.     PIDA ALANDRIAN


SUMBER: DI SINI 
Haloo semua perkenalkan nama aku Pida Alandrian. Jika kalian ingin mencari aku di dunia sosmed cukup panggil aku 3x saja (nggak perlu lebih) pasti aku langsung muncul di hadapan kalian *eehh. Oiya fyi, saat ini aku sedang menyibukkan diri dengan kegiatan mengajar di salah satu Akademi swasta yg ada di Aceh (kebetulan domisiliku juga di Aceh) dan mengisi waktu luang dengan bacaan buku-buku serta mengulasnya di blog buku aku collection-of-book.blogspot.co.id silahkan mampir dan di lihat-lihat, jika ada yang tertarik silahkan contact saya di twitter @PidaAlandrian92. Berhubung si empunya blog – Bintang – lagi kepoin aku tentang hal-hal yang memalukan yang pernah aku lakuin + kebiasaan buruk aku. Jadi nggak apa2 deh, aku ikhlas kok jabarinnya (asal ntar si Bintang nggak lupain nyisihan recehannya untuk aku) Untuk kebiasaan buruk (ini cukup rahasia kita aja ya Bin + pengunjung blog mu aja). Aku orangnya jarang mandi kalau cuacanya lagi adem ayem + ujan-ujanan. Aku pribadi pun nggak bisa ngebayanginnya, kalau aku tinggal di luar negeri yang ada musim dingin + saljunya ada kemungkinan aku nggak bakal mandi sampe 1 bulan dehh. Tapi tenang aja kok, walaupun aku nggak mandi badan aku menghasilkan wangi kasturi yang nggak bikin sakit kepala kok *dijamin deh. Jadi jangan heran, kalau persediaan minyak wangi aku itu sampe 5 s/d 10 botol di lemari. 

Untuk hal memalukan yang pernah aku lakuin, kejadiannya pas aku sekolah asrama (nggak ingat lagi ntah sewaktu SMA / SMP *lupa). Di sekolah aku dulu itu, setiap sholat 5 waktunya WAJIB sholat berjamaah dan shalatnya di mushalla.. Nah pas kejadian itu, setelah shalat subuh (bisa bayangin dong gimana terhuyung2 nya aku) lagi zikir bersama aku kena hukuman ruku’ di tengah2 jama’ah yang ramenya jangan dikata. Karena aku ketahuan tertidur pas sedang zikir. Shalat subuh mata ya harus melek selalu, kalau nggak ya kena hukuman di tengah2 jamaah rame. Sampe sekarang kalau ketemuan/ngumpul teman asrama dulu rasanya pengin sembunyi di balik Bumi aja.

       4.       OKTABRI ERWANDRA


SUMBER: DI SINI 
Hai semuanya, aku Oktabri. Aku saat ini bekerja sebagai seorang guru di sebuah sekolah dasar swasta di kota kecilku. Selain mengajar, aku juga menjalankan blog resensi yaitu irbatko.wordpress.com. Tidak jarang aku juga mengulas buku di akun Instagramku @oktabri dan sejujurnya saat ini aku sedang mengumpulkan niat dan modal untuk mendirikan sebuah perpustakaan online yang melayani peminjaman buku khusus di kota kecilku saja. Omong-omong, untuk memenuhi permintaan Bintang, si pemilik blog ini, aku akan menuliskan kebiasaan burukku yang berkaitan dan juga tidak berkaitan sama sekali dengan buku. Kita langsung mulai saja, ya.

Kebiasaan burukku yang pertama adalah aku suka menunda pekerjaan. Atau dengan kata lain, aku seorang procrastinator. Aku menyadari ini tidak baik tetapi aku tidak pernah berhasil menahan diri dari kebiasaan buruk ini. Yah, namanya juga kebiasaan buruk, kan? Ehehe. Berikutnya, aku juga sangat buruk dalam menahan diri saat membaca buku. Kalau ada buku baru yang tiba-tiba menarik minatku, padahal di saat yang sama aku tengah membaca buku yang lain, aku tidak akan berpikir panjang untuk mulai membaca buku baru itu dan meninggalkan yang lama di tengah-tengah. Bisa dilihat dari daftar currently reading-ku di Goodreads. Kalau tidak salah ingat, sampai saat ini ada 12 buku yang tertunda. Ehehe. Cukup sampai di situ saja, ya? Aku yakin kalau kutambahkan lagi, artikel yang ditulis bintang ini pasti penuh cuma oleh curhatku saja. Oh, iya. Aku tunggu kedatangan kalian ke laman resensiku yang sepinya mengalahkahkan kuburan tua. Salam.

      5.     AYA MURNING


SUMBER: DI SINI
Hai, perkenalkan, nama saya Aya Murning, cukup panggil Aya saja. I'm already twenty something dan bekerja sebagai staf promosi di instansi swasta. Saat ini saya masih mengelola blog utama saya, yaitu blog buku yang kuberi judul PIECES OF PAPER di link murniaya.wordpress.com, silakan mampir ya jika berkenan. Bagi yang belum terlalu mengenal saya melalui sosial media, mungkin belum tahu dengan hal yang satu ini. Saya bukan cuma suka di buku, tapi juga punya passion di dunia bulutangkis. You can call me a BL (badminton lover) tapi kapasitasku cuma sebagai penikmat dan penonton lho ya, bukan sebagai pemain. Soalnya udah ketuaan sih kalau ngimpi mau jadi atlet profesional. Sesuai permintaan dari Bintang, sang pemilik blog, saya dengan ikhlas lahir batin dunia akhirat bersedia membeberkan beberapa fakta tentang saya yang berkenaan dengan kebiasaan buruk dan pengalaman memalukan yang pernah saya alami.

• Kebiasaan buruk: 1. Kalau ada tisu yang habis saya pake untuk menggelontorkan es cendol dari hidung ini, kadang cuma saya taruh di atas kasur, nggak saya buang langsung ke kotak sampah. Padahal di kamar itu ada kotak sampah, tapi dasaran saya aja yang males gerak. Kadang sampe tisunya udah mengering pun masih aja terkapar di atas kasur, trus bisa dipake lagi buat lain kali.

2. Kalau minum air dingin dari kulkas, saya kadang suka nyolong-nyolong minumnya langsung ngokop dari botol, nggak pake gelas lagi biar hemat cucian haha. Tapi bukan ngokop yang langsung kena mulut ya. Dijauhin lah, nggak nempel sama mulut botol.

• Kejadian memalukan: 1. Waktu saya masih kecil, pernah dikejar-kejar oleh sapi kurban pas sapinya mau disemebelih. Saya juga heran, itu sebenarnya sapi atau banteng sih? Kok nyeruduk? Mungkin sapinya stres kali ya, jadi pas talinya dilepas malah mau nyerang orang. Entah kenapa dari sekian banyak orang di sana, kok saya yang dia incar? Apa karena saya pakai baju merah menyala? Tapi kan dia sapi, bukan banteng! Saya lari sekuat tenaga sampe tersandung akar pohon dan terjatuh. Waktu itu pasrah deh kalau bakal diseruduk atau kena injak. Tapi untunglah sapinya udah diamankan pake tali sebelum bablas nyerang saya. Malunya njirrr, jadi tontonan sekomplek anget!

2. Pernah kesandung di tangga depan ruang koperasi sekolah dan jatuh kepleset masuk parit. Koperasi itu tepat di depan kelas XI IPS2 & IPS3. Saat itu lagi banyak cowok-cowok IPS yang nongkrong dan disaksikan pula oleh cowok yang lagi kutaksir. Allahurabbi malunyaaaa! Kenapa apesnya pas di depan kelas IPS? Mungkin saya memang nggak direstui untuk tebar-tebar pesona sama cowok itu. Yang ada malah dapet sial mulu. Sudah ya, segitu aja. Aib ini adalah aib yang setidaknya nggak bikin saya keberatan untuk disebarkan kalau untuk seseruan. Mohon tidak ditertawakan, melainkan didoakan supaya tidak lagi terulang. Terima kasih. Wasalam.

      6.     SHARIE

Halo, aku Sharie. Aku juga saat ini berprofesi sebagai guru di SMP Negeri di kabupaten Karawang. Aku baru belajar ngeblog, dan kebetulan di bulan ini usia blogku baru berusia 1 thn. Jadi maklumin saja ya kalo isinya dikit. Haha... Sesuai permintaan Bintang, aku mau sedikit membocorkan beberapa kebiasaan burukku. Salah satunya adalah aku selalu membaca dalam posisi tiduran. Entah di sofa ataupun di tempat tidur. Posisi yang bikin dua hobiku melebur menjadi satu (baca & tidur). Dan bila lagi kambuh (keseringan sih kambuh, namanya jg kebiasaan buruk), sambil baca kakiku suka kuangkat dan kusandarkan ke tembok. Tak heran, tembok kamarku kotor karna banyak dihiasi cap telapak kaki. Wkwkww!

Oh ya, kebiasaan burukku adalah selalu menilai sebuah buku dari 30 halaman pertamanya. Jika aku sudah melewati hal 30, dan aku merasa enak membacanya, pasti akan kulanjut. Tetapi, bila belum halaman 30 saja aku sudah merasa gak menarik/bingung, buku tersebut tidak akan kubaca lagi. Tapi, ada sih beberapa buku yang sebelum halaman 30 aku gak suka, tetap aku baca. Biasanya sih karna aku penasaran dengan buku tersebut. Walaupun nanti ujung-ujungnya aku frustasi sendiri dan menyerah sebelum sampai di halaman akhir. Itu saja deh bocoran kebiasaan burukku. Kalau kamu penasaran dengan kebiasaan burukku yang sama banyaknya dengan timbunan bukuku, boleh berkenalan lebih dekat denganku. Tapi, hati-hati ya jangan sampai jatuh cinta. Hohoho *just kidding*

Nah gimana, guys? Dari keenam BBI Ers tadi, siapa yang pengalamannya paling memalukan? Atau, yang kebiasaan buruknya kebangetan? Umm, kalian bisa berikan pendapat kalian di kolom komentar ya.

Dan sekarang, seperti yang aku bilang tadi, biar adil, aku juga akan membocorkan apa saja kebiasaan burukku dan hal-hal memalukan yang pernah aku lakukan. Siap? Siap nggak siap, ini dia!


SI EMPUNYA BLOG :D 

"Halo, mungkin aku gak perlu lagi ngenalin diri aku ya? Pasti kalian uda pada kenal, hoho. Tapi kalau kalian minta, ya gapapalah, hehe. Namaku Bintang—yang jadi blogger di blog ini—sekarang kelas 12 SMA, dan mulai hari ini aku sedang UNBK. Lah kok bisa posting ini? Umm, ada de, wkwkwk. Jadi, sekarang, aku tu punya kebiasaan buruk baru. Iya, baru. Akhir-akhir ini, kupingku sering gatal banget. Dan sebelumnya aku pernah sakit kuping, katanya sih infeksi. Alhasil sekarang kupingku jadi lebih sering gatal. Sebab itulah aku sekarang kemana-mana selalu bawa cotton bud. Karna kapan pun, pasti kuping rasanya gatel. Terutama di kelas, sering banget ngorek kuping pas pelajaran, hohoo.

Selain itu, aku juga pernah melakukan hal-hal memalukan. Jadi gini, dulu pas kelas 1 SD, aku pernah boker di celana.  Saat itu ceritanya aku lagi kebelet banget, karena gak berani omong ama bu guru, alhasil aku lepasin aja di celana. Seketika, satu kelas nyium bau gak sedap, dan saat itulah aku ngaku ke bu guru kalau aku boker di celana. Dan satu lagi, sejak balita sampai kelas 4 SD, aku masih ngempeng loh. Iya, pake dot gitu. Jadinya, sekarang gigiku berantakan. Ada yang maju, ada yang mundur, haha."

Nah sekarang, adakah yang lebih memalukan lagi dari kami? Yuk aku tunggu cerita-cerita dan pendapat kalian tentang artikel ini di kolom komentar.

Terima kasih!

*PS: Jangan lupa juga untuk berkunjung ke artikel-artikel yang aku tulis dalam rangka BBI HUT 6 berikut ini:

1.     Yuk Intip Kebiasaan Buruk dan Hal-Hal Memalukan yang pernah dilakukan oleh 6 BBI Ers ini!

18 komentar:

  1. Kenapa punyaku urutan pertama wkwkw😂😂

    BalasHapus
  2. Ah, syukurlah tidak ada aku dalam daftar. Kebiasaan burukku segudang :P Selamat menempuh UN dan UNBK ya bin. Jangan nyontek, jujur saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha Kak Aya next time ya, wkwkwk. Terima kasih kk Aya. Iya, insyaallah saya jujur :)

      Hapus
  3. Ohh, iya ya. Minggu ini minggu UN. Semangat, Bin. Jangan lupa belajar buat SBMPTN. *nambah-nambahin derita. Haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Puj, makasih ya. Okaayy semoga snmptn lolos ya, biar gak ke sbm hehe. Tapiya siap2 juga sih :D

      Hapus
  4. Wahh.. Ngakak bacanya..
    Ide postingannya unik.. Aku salut sama kamu, walaupun sedang UNBK, tapi tetap bs ngepost dan ikutan marathon ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Kak. Iya, rasanya gak lengkap aja gitu kalau nggak ikut serta posting marathon. Lagian ini aku nulisnya jauh2 hari sebelum UNBK, dan sudah dijadwal waktu postingnya :)

      Hapus
  5. Gudluck Bin untuk UN & UNBKnya

    BalasHapus
  6. Wahaha. Topik yang diangkat cukup menarik. Keep up, Bintang! Dan semoga lulus dengan hasil yang memuaskan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh, saya kan selalu punya jalan untuk bongkar aib orang Kak, hahaha. Sip, terima kasih Kak Raafi!

      Hapus
  7. Semoga sukseees untuk ujiannya ya Bintaaang

    BalasHapus
  8. untung aku ga termasuk yaa. wong aku BBI angkatan tuir. :P
    salam kenal buat semua yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah salam kenal juga kak, terima kasih sudah berkunjung ke sini :)

      Hapus
  9. Eeehhh baru tau deh ternyata project artikelmu untuk HUT BBI ga cuma satu ya. Keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, saya ingin lebih total Kak dari pada tahun lalu dalam merayakan ultah BBI

      Hapus