Kamis, 18 Agustus 2016

Tanya Blogger: Rizky Mirgawati "Antara Blogging, Pekerjaan, dan Rumah Tangga"



Hwalloooo gaessss!!!

Pakabar nih? Hehe, ok kita ketemu lagi loh di blogpost Tanya Blogger. Kira-kira, siapa ya blogger kece yang akan aku ajak bincang-bincang di Ach’s Book Forum kali ini? Hmm, nanti ya, simpan dulu tebakan kalian. Sebelumnya, guweh, dan temen-temen guwehh (ala Cinta) mau ngucapin Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71. Tak terasa, 71 tahun sudah negara kita berdiri atas nama ‘merdeka’. Dan tepat 71 tahun yang lalu, dengan bangganya para pemimpin, pahlwan dan pendahulu kita memproklamasikan kemerdekaan yang sangat luar biasa ini. Harapannya, semoga untuk tahun-tahun berikutnya dan jauh setelah itu, semoga Indonesia tetap menjadi Negara yang tentram, bebas dari peperangan atau kekerasan, dengan penduduk yang memiliki tingkat akademis tinggi. Aamiin. MERDEKAA!! *wehhh lah kok malah koyok orasi*

Ok, kita tadi sebelumnya ngomongin apa ya? *Blogpost Tanya Blogger, Bin*. Oh iya, hehe. Ok, sebelum aku kasih tahu siapa blogger yang bertamu kali ini, gimana kalo aku kasih clue dulu? Beliau ini blogger yang namanya udah nggak asing lagi, blog-nya ruamee blogtour, dan sudah membangun bahtera rumah tangga *cieeiilah bahasanya*. Ada yang tahu? Ok, silakan yang di pojokan kalo mau jawab! *Mba Rizky Mirgawati, Bin* Nahhh, bener banget! Blogger yang kali ini akan berbagi cerita menarik dengan kita adalah Mba Rizky Mirgawati—pemilik blog Ky’s Book Journal. Uda pada tahu kan ya?




Dan, tema yang akan aku bahas bersama Mba Ki kali ini juga nggak jauh-jauh dari kehidupan pribadi Mba Ki sendiri, yaitu: Antara Blogging, Pekerjaan, dan Rumah Tangga. Tau kan, selain blogging, Mba Ki ini juga seorang Ibu rumah tangga dan pekerja. Nah, kira-kira, gimana ya cara Mba Ki ini membagi waktunya untuk ketiga kegiatan tersebut? Yuk kita simak cerita, dan tips-nya langsung dari Mba Rizky Mirgawati…

*Pencet tombol ‘play’*

Halo Mba Rizky! Sebelumnya, sapa dulu dong Mba, para pembaca di Ach’s Book Forum, hihi…

Haloooo, semua. Salam kenal ya.
Halo juga, Bintang si Tuan Rumah numpang eksis ya di blogmu :D Pertama-tama makasih banget loh sudah ajakin aku bertamu ke blogmu, semoga jawabanku memuaskan ya dan mohon maaf sebelumnya jika ada yang kurang berkenan.

1.       Pertama, pertanyaan yang paling mendasar, adakah kesulitan membagi waktu untuk ketiga kegiatan yang Mba lakukan secara bersamaan ini? (kerja, ngurus rumah tangga dan blogging?) Terlebih, jadwal blogtour Mba Ki ini juga nggak kalah padetnya :D

Buatku membagi waktu itu sebenarnya gampang-gampang susah ya. Cuma aku memang dasarnya orangnya multi-tasking, gak bisa diam jadi sudah terbiasa melakukan banyak hal sekaligus. Yang ada kalau gak ada kerjaan, malah jatuhnya bosan dan bingung sendiri. Aku berusaha sih memaksimalkan waktu yang kupunya agar bisa bermanfaat, selama aku having fun dan bahagia, aku senang saja jalaninnya J

2.      Pada awalnya, seperti apa sih cara Mba menyesuaikan diri dengan ketiga kegiatan yang sangat memakan banyak waktu ini?

Sejak memutuskan untuk menikah, aku jelas punya tugas tambahan mengurus rumah tangga, apalagi sejak punya anak. Nah, baru sekitar 1,5 tahun ini aku menambah kegiatan baru yaitu blogging. Sebenarnya untuk membaca dan mereview sendiri, aku sudah cukup lama melakukannya di goodreads, baru akhir-akhir ini saja aku memutuskan untuk punya blog buku khusus untuk mendokumentasikan bacaanku dan berbagi bacaanku.

Cara menyesuaikannya antara bekerja, rumah tangga dan blogging yang jelas harus pintar-pintar bagi waktu. Tentukan dulu skala prioritas, tentunya hal ini akan berbeda satu dengan yang lain. Dari Senin-Jumat, aku harus bekerja mulai Pukul 07.00-15.00/15.30, selebihnya aku harus mengurus rumah tangga (suami dan anak).

Nah, pertanyaannya kapan aku sempat ngeblog? Kalau ngeblog, aku sebenarnya gak punya waktu khusus sih. Aku selalu membiasakan untuk mengatur post terjadwal, jadi seminimal mungkin aku sudah menjadwalkan postingan blogku (apalagi untuk blogtour/giveaway). Jadi aku terbiasa selama membaca, aku biasanya mencatat hal-hal apa yang kurasa penting, quote2 yang ingin kumasukkan dan kesanku saat kubaca (biasanya aku tulis di note hp), nanti aku tinggal copas ke blogku saja, terus tinggal dirapikan saja deh. Jika ada yang kurang tinggal ditambah atau dikurangi saja.

Untuk promosi di media sosial, seperti twitter juga tweet terjadwal lebih memudahkanku. Jadi aku biasanya sudah menjadwalkan untuk jam-jam tertentu, minimal 4 kali dalam sehari (pagi, siang, sore dan malam) untuk berbagi info Giveaway/Blog Tour. Karena aku sudah berkomitmen, jika sudah pulang ke rumah, aku tidak terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget, lebih senang mainan sama anak setelah seharian kutinggal kerja J

Kalau membaca sendiri, aku selalu membawa buku kemana pun aku pergi, aku selalu membiasakan diri membaca walau hanya beberapa halaman sehari. Aku bisa membaca di angkutan (biasanya di commuterline) atau sebelum tidur malam, lumayan membantu sekali untuk bisa terus disiplin membaca.

3.      Bagaimana pendapat/tanggapan dari orang rumah atau rekan kerja terkait kegiatan blogging mau pun baca buku yang Mba lakukan?

Suami, keluarga dan rekan kerja mendukung penuh apa yang kulakukan, selama itu membuatku bahagia dan tidak mengganggu kewajibanku sebagai pekerja dan ibu rumah tangga. Mereka sudah tahu bahwa hidupku tak bisa jauh-jauh dari buku jadi ya tidak ada larangan selama ini, aku bebas membaca dan blogging sejauh ini.

4.      Pernah tidak, terbesit dalam pikiran untuk menyudahi aktivitas blogging karena saking padatnya urusan keluarga dan pekerjaan?

Sampai detik ini, aku sama sekali belum terpikirkan untuk menyudahi aktivitas bloggingku. Alhamdulilah, sampai saat ini aku masih bisa membagi waktu. Ya, buatku blogging itu hobi sih, jadi tidak terlalu memaksa harus posting tiap hari atau bagaimana. Begitu pun dengan tawaran blog tour/giveaway/review, ya semaksimal mungkin aku menerima kerjasama yang tentunya tidak memberatkan aku, apalagi jika sampai membuatku tidak nyaman mending sejak awal ditolak saja daripada malah membebani.

5.      Sejauh yang Mba tahu, apa pengaruh yang Mba berikan (entah itu untuk rekan kerja/suami/anak) dari kegiatan membaca? Apakah mereka jadi ikut tertular suka baca buku, atau malah sebaliknya?

Suami yang jelas tidak terlalu suka membaca, dia lebih suka menonton film. Kalau anak karena usianya baru 2,5 tahun dia lebih suka baca buku bergambar, buku cerita atau ilustrasi. 
Hal yang berbeda, kalau rekan kerja banyak yang suka meminjam bukuku, karena aku suka memajang beberapa koleksi bukuku di kubikelku atau jika ada buku yang mereka tertarik baca, biasanya nanya dulu bagus atau rekomen gak.
(Sama banget kayak aku kalau lagi di sekolah, hoho….)

6.      Ada atau nggak sih pengalaman unik/lucu karena kegiatan membaca dan blogging? Misal: lupa masak karena asyik baca, ngurusin kerjaan sambil ngetik review, atau nyuapin anak sambil baca buku? Atau ada pengalaman unik lain? Ceritain donggg…:D

Pengalaman unik? Apa ya? Kalau membaca aku suka lupa situasi, apalagi kalau terlalu larut sama buku yang kubaca. Pernah beberapa kali aku gak sadar kalau sudah kelewatan stasiun yang akan kuturunin saking keasyikan baca :D
(Lahhh??? Kelewatan stasiun? Haha, gimana tuh ya ceritanya?)

7.       Untuk ke depannya, apa yang ingin Mba Ki lebih utamakan/priotitaskan dari tiga kegiatan tersebut, dan apa alasannya? (pilih salah satu ya kalau bisa, hehe)

Prioritas utamaku jelas keluarga. Karena bagaimana pun buatku keluarga itu yang utama. Tapi, karena sampai sampai saat ini aku masih menikmati menjalani semuanya, aku lakukan saja semuanya semampuku.

8.      Terakhir, coba sampaikan kepada pembaca, seberapa pentingnya sih kita mengatur waktu?

Kalau ada pepatah waktu adalah uang, itu benar adanya. 
Waktu akan terasa kurang kalau kita tidak bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Mengatur waktu itu jelas penting sekali, biasakan untuk selalu membuat skala prioritas untuk setiap kegiatan yang akan kita lakukan, lebih bagus lagi kalau kita punya jadwal harian. 
Kalau memang ada yang nantinya meleset, atau tidak sesuai jadwal itu tidak masalah, minimal kita tahu apa yang harus kita lakukan atau dahulukan.
(Catet tuh Gaes, cateettt)
Terima kasih, Bintang buat kesempatannya ya. Semoga berkenan dengan jawaban-jawabanku. Sukses terus ya baca dan mereviewnya J

Nah temans! Itu tadi adalah hasil obrolan singkatku dengan Mba Rizky Mirgawati. Jadi, apa yang bisa kalian dapatkan dari obrolan di atas?

Yupp, yang pertama, yang terpenting, jangan ngeluh kalau punya banyak kegiatan. Semakin dewasa kalian, maka semakin pandai pula untuk membagi dan mengatur waktu agar setiap rutinitas bisa dijalankan secara teratur dan nggak bentrok. Kalian bisa juga membuat skala prioritas, menyusun agenda apa saja dari pertama (yang terpenting) sampai terakhir biar nggak bingung mau ngerjain yang mana dulu. Lagi pun, kalau begitu kita akan jadi lebih bijak untuk menghargai waktu.

Nah, di Tanya Blogger kali ini ada banyak hal yang bisa kita pelajari semua, kan? Mulai sekarang, yuk menata hidup yang lebih baik dengan bersikap bijak terhadap waktu. Oh ya, aku ucapkan juga terima kasih banyak untuk Mba Rizky Mirgawati yang telah bersedia untuk menjadi tamu spesial di Ach’s Book Forum. Sukses terus untuk kegiatan blogging, pekerjaan, dan urusan rumah tangganya!

Satu quote menarik dari George Downing untuk menutup perjumpaan kita kali ini!

“Istilah tidak ada waktu, jarang sekali merupakan alasan yang jujur. Karena pada dasarnya kita semuanya memiliki waktu 24 jam yang sama setiap harinya. Yang perlu ditingkatkan adalah membagi waktu dengan cermat.”

Sampai jumpa di Tanya Blogger berikutnya!

Terima kasih!

***

MORE ABOUT RIZKY MIRGAWATI:

Rizky Mirgawati bisa kalian sapa lewat akun twitter pribadi dan instagram-nya di @RizkyMirgawati, dan email di kikyavis@gmail.com 

2 komentar:

  1. Wah serunya tanya bloggernya :) makasih udah berbagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga karena sudah berkunjung Kak Hana :D

      Hapus