Rabu, 04 Januari 2017

[BOOM] Introducing Book Anatomy Project (by Nisa Rahmah & Bintang)


Halooo!

Tak terasa kita sudah memasuki tahun 2017, dan tentunya di tahun yang baru ini, saya telah menyiapkan beberapa resolusi, terutama untuk blog saya. Untuk segi tampilan, kemungkinan besar saya akan mengubah header blog. Saya pengin suasana yang baru dan lebih iconic, jadi biar Ach’s Book Forum memiliki identitas tersendiri di benak pembaca. Saya tidak ingin blog ini menjadi angin lalu saja, tapi saya ingin memberi kesan kepada para visitors blog setelah mereka berkunjung ke sini. Yang mana kesan itu akan membuat mereka merasa ingin berkunjung lagi, dan lagi. InshaAllah ~

Selain itu, dari segi konten, di tahun 2017 ini, saya akan menambah satu rubrik baru. Ya, memang hanya ada satu rubrik baru yang sudah bisa dipastikan akan turut berpartisipasi dalam mengisi entri blog saya, tapi tidak menutup kemungkinan juga apabila akan ada rubrik-rubrik baru lainnya. Doakan ya.  Ok, kita lupakan saja dua rubrik saya (Kriiing Kriiing Penulis dan Tanya Blogger) yang belum ada tindak lanjutnya itu, saya sebenarnya pun masih memikirkan bagaimana untuk meneruskan kedua rubrik tersebut, tentunya dengan kemasan yang lebih berbeda lagi. Semoga ya ~

Dan pada postingan kali ini, saya akan memperkenalkan kepada teman-teman semua, tentang rubrik baru yang akan meramaikan blog saya dalam jangka waktu 1 tahun ke depan (dan semoga sampai tahun-tahun berikutnya, ya). FYI, awal mula terciptanya rubrik baru ini, sebenarnya tidaklah murni hasil gagasan saya sendiri, namun juga hasil tukar pikiran dengan salah satu teman bloger. Yang mana, teman bloger saya ini juga akan menjadi partner saya di rubrik kali ini. Intinya, ini rubrik kita berdua. Awalnya memang kita ingin menggandeng banyak teman bloger dan pembaca lain, tapi kita sadar diri. Ini adalah rubrik pertama kita, dan kita menyimpan asumsi bahwa respon dari teman pembaca tentunya masih belum banyak, jadi niat itu kita tunda dulu. Tapi hal ini tidak menutup kemungkinan jikalau kita akan turut melibatkan teman-teman semua di rubrik ini. Tentunya, setelah kita mendapat respon yang baik dari kalian.

Baik, daripada berlama-lama, akan langsung saya perkenalkan saja kepada kalian rubrik (duet) baru ini.


Teman-teman, mari sambutlah, dan bersenang-senang bersama kami di…

BOOM! [Book Anatomy]



BOOM adalah singkatan dari Book Anatomy. Teman-teman bisa menyebutnya bedah buku (versi digital). Rubrik ini digagasi oleh dua bloger buku: Bintang @ Ach’s Book Forum (saya) dan Nisa @ Resensi Buku Nisa. Selain itu, BOOM juga merupakan sebuah rubrik (duet) rutin yang akan diposting di kedua blog pada setiap bulan. Akan dimulai pada Januari 2017, dan InshaAllah seterusnya. 

Mekanisme yang akan kita lakukan di rubrik ini adalah sbb:

        1.       Memilih satu judul buku yang sama untuk kita baca bareng.
    2.   Membagikan ringkasan cerita dari buku tersebut/kesan-kesan yang kita alami selama membaca buku tersebut di Twitter.
        3.       Membuat resensi/review dari buku yang bersangkutan.
        4.       Mengulangi 3 mekanisme di atas secara berturut-turut di bulan-bulan berikutnya, hehe.

Memang sangat sesederhana itu, tapi ini kita lakukan untuk membangkitkan semangat membaca dan meriviu dalam diri kami, juga kepada teman-teman semua. Dengan adanya BOOM, kita harap bisa menjadi salah satu sarana bagi pembaca untuk lebih mengetahui dan mengenal isi dari sebuah buku, juga untuk menumbuhkan sikap kepedulian kalian terhadap buku. Tidak hanya kepada pembaca, BOOM juga kita dedikasikan untuk para penulis, terutama penulis lokal. Dengan BOOM, kita juga berniat untuk menyuarakan isi buku dari penulis ybs, dan turut mempromosikannya kepada kalangan pembaca. Lewat rubrik ini, kita juga tidak menolak apabila ada pihak seperti penulis atau penerbit yang ingin mempromosikan bukunya bersama kita. InshaAllah siap membantu. Intinya, lewat rubrik ini, kita ingin menguntungkan banyak pihak. Keberuntungan kalian membawa kesenangan tersendiri bagi kita.

Dan satu lagi, kita menuntut respon yang besar dari pembaca semua. Jika respon semakin besar, maka semakin besar pula peluang kalian untuk terlibat dalam BOOM!

Come on! Join with us, and let’s say ‘BOOM! BOOM! BOOM!



[UPDATE]

Berdasarkan hasil rapat kami berdua (saya dan Kak Nisa) *biar serius gitu :D* ada beberapa informasi tambahan dari kami:

1.   Kami mengundang teman-teman untuk bergabung dengan kami dalam rangka baca bareng tiap bulannya.

2.  Baca bareng dilaksanakan tiap tanggal 15 setiap bulannya, dengan rentang waktu baca dari tanggal 15 sampai 20 (6 hari). Selain itu, dalam rentang waktu 6 hari tersebut, kalian diperkenankan untuk memilih satu hari saja (terserah mau ambil tanggal berapa) guna membagikan sedikit ringkasan cerita/kesan-kesan kalian saat membaca novel yang bersangkutan tersebu ke Twitter. Format bebas, tapi yang jelas harus memakai hastag #BOOM.

3.    Setelah membaca, kalian diperkenankan juga untuk menulis review. Review ditulis dan di posting pada rentang waktu 6 hari, yaitu mulai tanggal 20-25 tiap bulannya. Review boleh diposting di blog, goodreads, notes facebook, atau bahkan di instagram. Dengan syarat, minimal 500 kata ya.

4.     Dalam setiap review, di bagian akhirnya, harus disertakan link atau tautan ke postingan ini. Misal: Review ini diikutsertakan dalam BOOM [link masterpost ini]. Jika dipost di blog, diperkenankan juga untuk turut menyantumkan logo BOOM.

5.       Untuk setor link review, tiap bulan ganjil, setornya di kolom komentar pada postingan review di blog Bintang (nanti link-nya bakal dikasih tahu kok). Untuk bulan genap, setornya di kolom komentar pada postinagn review di blog Nisa Rahmah.

6.       Buku yang akan dibaca bulan berikutnya, akan kita sampaikan saat review di bulan sebelumnya. Jadi, opsi buku bacaan bulan Februari akan disampaikan di postingan review bulan ini.

7.       Bagaimana kalau bukunya sudah pernah dibaca tapi kepingin ikutan? Kalian bisa baca ulang kok dan tetap boleh ikut seru-seruan bareng kita! :D Dengan catatan, review-nya kudu dibuat dan diposting ulang. Review terdahulu boleh direvisi dikit-dikit.

8.      Akan ada hadiah menarik dari saya dan Kak Nisa buat yang rajin ikutan lho! Kami akan rekap akhir tahun nanti. So, kapan lagi ikut baca bareng, seru-seruan bareng, dan dapat hadiah kejutan! :D

9.       Terakhir, untuk buku yang akan kita baca bulan ini adalah... *jeng-jeng*


APA PUN SELAIN HUJAN by Orizuka

Nah, bagaimana? Siap untuk ikutan?

Any question? Mention us on @Bintang_Ach and @niesya_bilqis

Kita tunggu partisipasi dari kalian. Siapkan bukunya, dan mari kita seru-seruan bareng!

8 komentar:

  1. Seru nih Bintang rubriknya. Kayak semacam baca bareng ya, hehe. Sukses ya. Penasaran sama buku pertama yang bakal dibedah. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mas Adin, mohon dukungannya ya. Hmmm tunggu saja untuk buku yang dibahas di BOOM bulan ini :D

      Hapus
  2. BOOM!
    BOOMBAYAH! *eh* *malah ngidol*
    Kayaknya seru nih. Aku nungguin postingan boom pertamanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. BOOM RATATATA! *Loh*

      Bulan ini mau ikut serta baca bareng kita boleh loh Kak. Besok akan kita umumkan judul buku apa yang akan dipilih dan bagi peserta yang aktif ikut setiap bulan, akan ada reward di akhir tahun. Hehe

      Hapus
  3. Keren... hahaha... sukses sama BOOM nya.
    Ntar, saya bakal ngintip BOOM kalo lagi senggang hehehe... buat reverensi milih bacaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiiapp, makasih Mba Dian, ya. Btw, BookLaza boleh kok kalau mau sponsorin buku untuk BOOM, hahahaha

      Hapus
  4. Keren programnya :D
    Semoga lancar ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terima kasih Kk Fitra. Kalau senggang dan berminat, silakan ikutan ya, hehe.

      Hapus