Rabu, 13 Januari 2016

INFO: Blogtour & Giveaway "Sesaat di Keabadian'



            Beberapa waktu yang lalu, lewat akun twitter  @Bintang_Ach, aku menawari salah satu penulis favoritku, Mezty Mez untuk mengadakan blogtour buku terbarunya; Sesaat di Keabadian. Tidak menunggu waktu berapa lama, aku mendapat respon dari Mezty dan ia berkata mau. Kendala lain, ia ragu apakah penerbit mau bantuin atau enggak. Sebenarnya bukan untuk apa-apa aku menawarkan ajakan blogtour kepada Mezty, hanya sebagai ajang promosi saja untuk buku barunya. Terlebih saat Mezty bilang bahwa promo untuk buku barunya belum jalan. Hal ini justru semakin menambah besar kesempatan untuk menjalankan blogtour tersebut. 

            Namun, ajakan mengenai blogtour ini belum sepenuhnya mendapat persetujuan darinya. Karena seperti yang sudah aku bilang di atas, Mezty masih ragu apakah penerbit akan turut bantu dalam menjalankan event ini atau tidak. Akhirnya untuk mendapat persetujuan demi terselenggaranya blogtour, Mezty meminta waktu dulu untuk berbicara dengan penerbit terkait perihal ini. Setelah cukup lama menunggu, aku kembali menanyakan perihal terkait kelanjutan blogtour kepada Mezty. Akhirnya, aku diberi kontak email Mas Bayu Novri Lianto untuk bicara langsung. Mas Bayu ini adalah salah satu orang yang ada di balik pengerjaan buku Sesaat di Keabadian, juga editor di EnterMedia. 


            Begitu mendapat kontaknya dari Mezty, aku langsung menghubungi Mas Bayu lewat email. Niat awalku sebenarnya hanyalah untuk mengajukan tawaran blogtour ini kepada penerbit saja. Apakah mereka bersedia atau tidak. Selebihnya, nanti penerbit saja yang koordinir dan mengatur keseluruhannya. Mulai dari koordinir dengan beberapa blogger yang diajak kerja sama, menentukan waktu blogtour, dan lain-lain. Namun dari pihak penerbit rupanya tidak bisa berbuat lebih, melainkan hanya bisa menjadi sponsor dan mendukung jalannya kegiatan saja. Selebihnya, aku yang diminta untuk mengatur keseluruhannya dengan menjadi kepala koordinator blogtour. Aku saat itu cukup bingung, lanjut  atau batal ya? Karena memang sebelumnya aku belum pernah terlibat dalam penyelenggaraan blogtour seperti ini. Apalagi jadi kep. koordinator dan bekerja tanpa campur tangan penerbit. Akhirnya, dengan modal ‘bismillah’ aku menerima tawaran itu. Lucu ya, awalnya aku yang memberi tawaran, eh sekarang malah aku juga yang nerima tawaran, hehe.  Usul dari penerbit, mereka ingin mencoba 5 rangkaian blogtour dulu. Tujuannya, ingin tahu sebesar apa antusias dari pembaca. Akhirnya aku langsung menghubungi lima blogger buku yang sudah ditentukan untuk bekerja sama. Tak butuh waktu lama, mereka memberi respon positif dan menerima ajakan untuk menjadi host blogtour.

            Dan, setelah melalui perbincangan panjang juga diskusi, ditetapkanlah jadwal Blogtour dan Giveaway ‘Sesaat di Keabadian’. Bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.



            Oh iya, kemarin ada yang tanya sama aku. Blogtour itu apa sih? Blogtour itu sebenarnya adalah ajang untuk mempromosikan sebuah buku yang diadakan dari blog ke blog. Seperti pada gambar di atas. Ada lima blog yang ikut serta mengadakan kegiatan blogtour. Dalam blogtour,  akan disertai oleh review buku yang bersangkutan dan kadang juga disertai Giveaway. Giveaway itu bisa disebut sebagai ajang bagi-bagi buku secara gratis. Nah, berhubung blogtour kali ini disertai giveaway juga, maka kalian berkesempatan mendapat 5 novel ‘Sesaat di Keabadian’ secara GRATIS dari EnterMedia. Kece, kan?

            Untuk lebih jelasnya mengenai penyelenggaraan Blogtour dan Giveaway, bisa kalian lihat di blog kelima blogger pada tanggal yang sudah dijadwalkan di atas. Jadi jangan sampai salah ya tanggalnya, hehe. Untuk memudahkan kalian menemukan blog kelima blogger tersebut, berikut aku share link blog dan akun twitter mereka:

1.      Atria Dewi Sartika:
2.      Athaya :
3.      Sri Sulistyowati :
4.      April Silalahi :
5.      Nurina Widiani :

Pastikan kamu follow akun twitter kelima blogger di atas ya. Pastinya juga harus follow twitter @EnterMedia3 dan @OnlyMezty

Oh iya, pengumuman kelima peserta yang beruntung menjadi pemenang dan berhak mendapat buku ‘Sesaat di Keabadian’ akan diumumkan secara langsung tanggal 12 Februari. Ya, tanggal 12 Februari, dua hari setelah rangkaian blogtour selesai, dan pengumuman akan diadakan di blogku ini. So, pastikan kalian selalu update postingan blogku dan juga follow akun twitterku di @Bintang_Ach ya, karena info tentang pengumuman pemenang blogtour juga akan aku share di sana.

Terima kasih!

2 komentar:

  1. Cieeee.. Jadi gitu ya ceritanya. Hehe. Selamaat Bintang, udah ngerasain jadi koor host blogtour :D

    BalasHapus